English English Indonesian Indonesian
oleh

Cuaca Ekstrem, Enam Penerbangan Divert

FAJAR, MAROS – Hujan deras disertai angin kencang juga berdampak terhadap sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Senin,  15 Januari 2024

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Taochid Purnomo Hadi mengatakan jika cuaca  ekstrem yang terjadi saat ini berdampak terhadap sejumlah penerbangan di Bandara Sulhas.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mengalami cuaca ekstrem. Hal ini memang memberikan dampak penerbangan di bandara,”katanya.

Akibat cuaca ekstrem ini, ada sekitar enam penerbangan delay atau tertunda keberangkatannya hingga cuaca membaik.”Penerbangan yang delay akibat cuaca buruk dari maskapai Lion Air dan Citilink,” sebutnya.

Untuk rute penerbangan delay ini diantaranya tujuan Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Haluoleo Kendari.

Tidak hanya itu, ada juga enam penerbangan yang divert atau dialihkan penerbangannya. Yakni maskapai  Lion Air dan Batik Air.

“Berdasarkan data kami, terdapat enam penerbangan yang tujuannya ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dialihkan ke beberapa bandara lainnya seperti Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Bandara Haluoleo Kendari,”jelasnya.

Meski demikian, kata dia, hal tersebut tidak mempengaruhi pergerakan jumlah penumpang dan juga tidak mempengaruhi keuangan perusahaan.

“Secara umum kami sampaikan bahwa untuk alasan keselamatan penerbangan, penerbangan dapat ditunda ataupun dialihkan apabila terjadi cuaca ekstrem. Kami mohon dimaklumkan atas ketidaknyamanan yang dialami atas kondisi cuaca ekstrem,”tutupnya.(rin) 

News Feed