English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertunjukan “Waktu Batu. Rumah yang Terbakar”, Silang Tiga Media: Teater, Video Game, dan Sinematografi

FAJAR, MAKASSAR-Teater “Waktu Batu. Rumah yang Terbakar” (WB.RyT), sebuah pertunjukan teater kolaboratif yang diproduksi Garasi Performance Institute. Pertunjukan ini telah dipentaskan di Benteng Rotterdam, Selasa, 5 Desember 2023. Pertunjukan ini masih berlangsung hari ini, Rabu, 6 Desember.

Proyek Waktu Batu ini sudah berjalan sejak tahun 2001, dan WB.RyT merupakan versi terkini dari proyek tersebut. Sejak tahun 2002-2006, pertunjukan ini telah dipentaskan di berbagai kota, termasuk beberapa kota di Indonesia, Singapura, Berlin, dan Tokyo. Pada tahun 2022, WB.RyT telah tampil dalam Indonesia Bertutur 2022, dan pada tahun yang sama juga dipentaskan di ARTJOG Yogyakarta dan Djakarta International Theatre Platform, Jakarta.

Pertunjukan ini merupakan hasil kolaborasi antara berbagai media, termasuk teater, video game, dan sinematografi. Tema pertunjukan ini adalah Duka Ekologis atau ecological grief. Sutradara pertunjukan, Yudi Ahmad Tajudin, menjelaskan bahwa WB.RyT merujuk pada rasa sedih akibat kepunahan atau ancaman punahnya ekosistem yang disebabkan oleh perubahan lingkungan dan modernitas. (ham/*)

News Feed