English English Indonesian Indonesian
oleh

Kebakaran di MAN 1 Makassar Hanguskan Tiga Kelas, Laboratorium, dan Kantin

MAKASSAR, FAJAR — Kebakaran melanda MAN 1 Makassar di Jl Talasapang, Rabu sore, 29 November 2023. Sebanyak tiga kelas, satu laboratorium dan sebuah kantin hangus terbakar.

Kebakaran berlangsung sangat cepat sebelum petugas berhasil benar-benar bisa mengusai si jago merah.

Pantauan FAJAR, kebakaran yang terjadi juga sempat membuat panik guru dan murid yang saat itu baru selesai melaksanakan ujian sekolah dan bersiap-siap untuk pulang. Terlihat mereka langsung berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Makassar yang tiba dilokasi, dibantu guru dan siswa langsung berjibaku memadamkan kobaran api. Baru setelah sejam kemudian, api baru dapat dipadamkan.

“Yang terbakar tiga ruang kelas, satu ruang laboratorium satu, dan kantin. Informasi dari Pak Kepala Madrasahnya,” ujar Kabag Humas Kanwil Kemenag Sulsel, Mawardi, saat dikonfirmasi.

Terpisah, Kepala MAN 1 Makassar, Lukman memaparkan, selain sejumlah bangunan, terdapat beberapa barang penting milik sekolah ikut terbakar. Hanya saja, barang apa saja yang terbakar, masih dilakukan pendataan.

“Barang-barang tadi saya suruh tarik semuanya. Karena banyak barang laboratorium,” ujarnya.

Terkait dengan penyebab kebakaran, sejauh ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Kendati ada dugaan dikarenakan korsleting listrik.

Lukman menyebut, saat kebakaran listrik di sekolah memang baru saja menyala setelah setelah dilakukan pemadaman. “Kondisinya tiba-tiba saja. Mati lampu terus menyala. Pas menyala, tidak lama kebakaran, begitu,” katanya.

News Feed