English English Indonesian Indonesian
oleh

Konkit BBM ke BBG, Bikin Nelayan Melaut Tanpa Kalut

“Terima kasih atas kepercayaan Pemkab Gowa untuk menjalankan tugas pendistribusian LPG dalam program konversi BBM ke LPG untuk nelayan dan petani sasaran 2023. Dengan adanya konversi ini secara wadah lebih mudah dibawa dan aman,” ujar Hendra.

Dirjen Migas Kementerian ESDM yang diwakili oleh Inspektur Migas Ahli Muda, Safriyanto mengatakan, kegiatan pendistribusian paket konversi BBM ke BGG sebetulnya sudah berlangsung selama lima tahun mulai dari 2019 sampai 2023. Kali ini, Kabupaten Gowa dijadikan sebagai lokasi sosialisasi.

“Ini adalah kegiatan dari Kementerian ESDM yang bermitra antara DPR RI dan Pemkab Gowa. Kita tahu bahwa Gowa merupakan salah satu lumbung beras di Sulsel. Makanya distribusinya tersebar di beberapa kecamatan sesuai usulan dari pemerintah daerah,” urai Safriyanto.

Untuk tahun ini, pihaknya mendistribusikan 1.091 paket BBG, dan khusus di Gowa ada 58 paket yang diserahkan langsung kepada masyarakat. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan solusi penyediaan alternatif yang ramah lingkungan dan membatu ekonomi masyarakat petani.

Salah seorang petani sasaran, Agus sangat senang dengan adanya program konversi ini. Ia yakin program ini akan memberikan manfaat besar bagi petani di Gowa.

“Kami para petani senang bisa menerima program konversi ini. Program ini membuat kami lebih mudah mendapatkan bahan bakar khususnya LPG 3 kg yang diperuntukkan sebagai bahan bakar mesin pompa untuk mengairi sawah kami,” katanya.

Waki Bupati Gowa, Abdul Rauf Malagani mengapresiasi program paket konversi BBM ke BGG karena sangat membantu masyarakat Gowa. Apalagi di musim kemarau dan El Nino yang melanda hampir sebagian wilayah Sulawesi.

News Feed