English English Indonesian Indonesian
oleh

Dukung Aktivitas dengan Pilihan Macbook Air dan Pro, Ini Bedanya

FAJAR, MAKASSAR-Penggunaan Macbook untuk aktivitas harian dan pekerjaan tak diragukan lagi, keluaran Apple ini dikenal tangguh dan memiliki spesifikasi terbaik.

Namun, dari beberapa produk keluarannya tentu pengguna selalu ingin tahu manakah laptop yang sesuai kebutuhannya. Apakah Macbook Air atau Macbook Pro.

Meskipun keduanya sama-sama bagus, tetapi tentu ada sesuatu yang menarik minat pengguna dari salah satunya. Berikut perbedaan Macbook Air dan Pro:

Tampilan Layar

Layar selalu menjadi poin paling penting untuk Anda pertimbangkan karena akan memberikan sensasi nyaman ketika menggunakannya. Pada kedua series Macbook ini, Apple sudah mendukung layar retina sehingga membuat tampilan gambarnya terlihat nyata.

Namun, perbedaannya bisa Anda lihat dari segi resolusi. Pada Macbook Air baru terdapat dukungan resolusi 2560 x 1600 serta palet warna 25 persen lebih banyak jika Anda bandingkan dengan warna sRGB seperti milik Pro.

Perbedaan lainnya dari tingkat kecerahan. Di mana, Macbook Air memiliki 400 nit lebih rendah daripada Macbook Pro dengan 500 nit. Untuk Macbook Pro sendiri lebih unggul dari segi spek display karena adanya lampu latar LED, teknologi true tone, hingga warna luas P3.

Desain

Dari segi desain, Macbook Air dan Pro akan tampak mirip. Apalagi keduanya sama-sama memakai material dari aluminium doff dibagian permukaan. Namun, dari tingkat ketebalan, Macbook Air terkesan lebih ramping dan tipis dibandingkan Macbook Pro.

Anda juga bisa menemukan perbedaan dari variasi warna yang tersedia. Macbook Air memiliki variasi warna beragam, sedangkan milik Pro hanya tersedia dalam dua warna yaitu grey dan silver.

Untuk variasi rentang layar, Macbook Pro tersedia mulai dari 13 inci, 14 inci, dan 16 inci. Berbeda dengan Macbook Air yang hanya memiliki 13,3 inci saja.

Performa

Apple selalu menyajikan fitur menarik pada produk keluarannya, sehingga menjadi kelebihan tersendiri. Bahkan dengan kelebihan itu, membuat banyak pekerja senang karena mampu mendukung banyak aplikasi berjalan.

Namun, dari segi penggunaan nyatanya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, loh. Contohnya dari spesifikasi produk, pada Macbook Air terdapat dukungan Chip Apple M1 dan M2. Berbeda dengan semua series Macbook Pro yang hanya mendukung minimum Chip Apple M2 dan Chip M1 Pro dan M1 Max.

Berdasarkan kedua perbedaan teknologi tersebut, maka Macbook Pro jauh lebih unggul dari sisi performa. Tidak heran, jika untuk pekerja desain grafis, editing video, content writer, hingga software engineer lebih banyak memilih Macbook Pro.

Sementara untuk pekerjaan ringan seperti tugas kuliah, Macbook Air dapat menjadi pilihan karena sudah mendukung kerja dengan baik.

Baterai

Untuk Macbook Pro dan Air, keduanya memiliki ketahanan baterai yang cukup untuk pemakaian harian.
Macbook Air 13 diklaim mampu bertahan hingga 18 jam ketika Anda menjalankan aplikasi web.

Sementara Macbook Pro dapat bertahan hingga 20 jam. Perbedaan Macbook Air dan Pro sebenarnya tidak jauh, keduanya memiliki spesifikasi yang sama baiknya. Namun, tetap Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, bagi Anda yang sedang berkuliah dan membutuhkan laptop dengan spesifikasi epic, maka Macbook ini dapat menjadi pilihan terbaik. Anda juga bisa membeli Macbook Air secara online di Blibli.com.

Situs belanja online terpercaya di Indonesia dengan beragam promo menariknya. Blibli juga memberikan potongan harga, voucher diskon, hingga promo gratis ongkir. Tunggu apalagi, segera checkout Macbook kesayangan Anda. (*)

News Feed