English English Indonesian Indonesian
oleh

Bahtiar Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Bantaeng dan Bahas Efek Kawasan Industri

FAJAR, MAKASSAR– Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin membahas mengenai potensi keberadaan Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) bersama Bupati Ilham Azikin. Pertemuan keduanya terjadi saat agenda sowan Bahtiar di Balai Kartini, Bantaeng, Kamis Malam, 21 September.

Bahtiar Baharuddin mengutarakan, Bantaeng menjadi salah satu daerah yang selalu berkembang dalam ekonomi. Misalnya, pertumbuhan ekonomi mencapai 15 persen, melebih rata-rata nasional.

“Di sini kan ada kawasan industri, ada banyak rekayasa sosial untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan yang dibangun di masyarakat,” ujar Bahtiar.

Maka ia sebagai gubernur, akan menduplikasi hal tersebut untuk dijadikan acuan bagi Pemda di 23 kabupaten kota lainnya agar menerapkan hal serupa.

“Orang sama-sama punya laut, kenapa di sini bisa di daerah lain tidak. Nah yang seperti ini kita pelajari kalau saya sudah memahami akan saya tularkan pada kabupaten lain, bahkan provinsi lain.

Bahtiar mengatakan, Pemprov bertugas sebagai fasilitator kabupaten kota. Penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik masyarakat di Sulsel berada di kabupaten/kota.

“Memang ada di Pemprov, tapi bagian besarnya yang langsung ke masyarakat itu ada di kabupaten kota. Oleh karena itu, sebagai gubernur yang bertugas mengoordinasikan pembangunan, pelayanan, dan penyelenggaraan pemerintah di provinsi. Kita melihat langsung apa yang sudah tercapai dan belum, menyamakan persepsi dan menjaga iklim menuju pemilu serentak,” kata Bahtiar.

Bupati Bantaeng Ilham Azikin yang masa jabatannya akan berakhir pada Selasa, 26 September berharap, agar penerusnya nanti bisa melanjutkan cita-cita yang dibawa Pj Gubernur melalui program prioritasnya. Misalnya, sukses penyelenggaraan pemilu 2024.

News Feed