English English Indonesian Indonesian
oleh

Danny Lantik 300 Pengurus IKA Unhas Bulukumba, Bupati Muchtar: Harus Jadi Litbang

FAJAR, BULUKUMBA– Ketua Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel Moh Ramdhan Pomanto resmi melantik Pengurus Daerah IKA Unhas Bulukumba, Sabtu, (16/09/2023). Tercatat, sebanyak 300-an pengurus alumni yang dikukuhkan di Hotel Agri Bulukumba, malam tadi.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf turut menyaksikan secara langsung pelantikan pengurus periode 2023-2027 yang dinahkodai Ismawati Andi Wawo, ini.

Andi Utta sapaan akrab Andi Muchtar mengatakan kesyukurannya IKA Unhas Daerah Bulukumba ini dikukuhkan. Pasalnya, ia menginginkan para jebolan kampus merah itu membantu program pemerintahan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu yang digarisbawahi ialah, IKA Unhas ini mesti bersinergi dalam riset penelitian dan pengembangan sehingga menghasilkan program yang betul-betul berdampak kepada masyarakat.

“Sekiranya IKA Unhas jadi lembaga Litbang (Peneltitian dan Pengembangana) pertama di Bulukumba maka ini yang saya harapkan kedepannya,” kata Utta di sela-sela sambutannya dalam acara pelantikan.

Pasalnya, dalam pengamatannya, kendalanya utama dalam program-program ialah banyak yang tidak by kajian. Olehnya, dia mengarahkan jika ada Litbang maka akan fokus.

Dia menyebut, dengan panjang Pantai Bulukumba 128 km itu maka potensinya besar sekali. Maksimalisasi pariwisatanya tidak kalah dengan negara lain. Apalagi, Unhas merupakan bagian dari universitas yang dibanggakan dan dikenal di Indonesia Timur. “Harus kolaborasi antara praktisi dan akademisi. Mari sama-sama pikirkan ini kedepannya,” ajaknya.

Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto menyampaikan alasan utama beralumni ialah kepedulian terhadap alumni, peduli almamater dan peduli terhadap masyarakat.

Kepedulian itu seperti membantu alumni dalam pekerjaan, membangun jejaring yang kuat, dan peduli terhadap masyarakat atau pengabdian. Dia menuturkan tugas pengurus wilayah adalah menjadi jembatan dari visi yang diusung pengurus pusat dan bagaimana implementasi di daerah.

Untuk mewujudkan kolaborasi itu kuncinya adalah inisiasi dan dilengkapi dengan kata kunci aksi yang oleh pengurus daerah berdasarkan 6 wilayah inisiatif. 6 wilayah inisiatif itu papar Danny, pertama adalah wilayah pantai barat yang penuh dengan pemanfaatan budidaya perikanan.

Kedua, pantai selatan Sulsel dengan potensi ikan dan keindahan alam atraktif akibat pembentukan geologi yang mana Bulukumba ada di antaranya. Ketiga, ialah Teluk Bone, lalu kawasan Pegunungan Bawakaraeng.

Kelima ialah inisiasi Bulusaraung. Dan inisiasi terakhir adalah Pegunungan Latimojong yang mana ada puncak pegunungan tertinggi di Sulsel dengan potensi SDA terbaiknya.

Pascadilantik, ia juga berpesan agar para pengurus daerah terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk menciptakan pengabdian kepada masyarakat. (*)

News Feed