English English Indonesian Indonesian
oleh

Barongsai Vihara Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia

FAJAR, MAKASSAR–Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, melepas Tim Barongsai Vihara Istana Naga Sakti, Klenteng Xian Ma ke Kejuaraan Dunia Barongsai, di Rumah Kediamannya, Jalan Amirulllah Makassar, Rabu, 2 Agustus 2023.

14th World Lion Dance Championship ini akan berlangsung Genting 4-6 Agustus 2023. Di mana Indonesia akan diwakili oleh Juara 2 Nasional yaitu Tim Barongsai Vihara Istana Naga Sakti, Klenteng Xian Ma, Makassar, Sulawesi Selatan dan tim Barongsai Kun Seng Keng dari Medan Sumatera Utara.

Kejuaraan yang akan diikuti oleh 36 tim dari 22 negara ini memperlombakan Kategori tonggak. “Ini merupakan kehormatan tinggi bagi Kota Makassar. Tidak mudah untuk bisa lolos ke ajang Piala Dunia yang sangat bergengsi ini,” kata Wali Kota Makassar.

Pria yang akrab disapa Danny Pamanto itu meminta para atlet yang bertanding untuk menjaga stamina dan vitalitas. “Istirahat yang cukup dan konsumsi yang bergisi serta menghindari handphone selama masa kejuaraan. Berita-berita di handphone bisa mempengaruhi pikiran dan kejiwaan atlet,” pesan Danny.

Wali Kota yang dahulu adalah atlet Baseball itu juga berbagi tips dalam menghadapi kejuaraan. “Fokus, konsentrasi saat bertanding serta mengisi pikiran dengan hal-hal yang dapat membangkitkan spirit,” katanya.

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Makassar, Yongris mengatakan, ini adalah kebanggaan dan kehormatan karena untuk pertama kalinya tim barongsai dari Makassar tampil mewakili Indonesia di kejuaraan dunia.

Yongris mengungkapkan, tim yang berangkat terdiri dari 8 atlet dan 2 official dan ditemani 9 orang pengurus KONI, FOBI Makassar, dan Sulsel. Keberhasilan untuk lolos ke kejuaraan dunia ini kata dia adalah hasil dari 23 tahun pembinaan, latihan rutin dan disiplin para atlet. Juga karena adanya kegiatan kompetisi daerah yang memacu semangat berlatih.

News Feed