English English Indonesian Indonesian
oleh

Asyiknya Keliling Pakai Motor Listrik, Anti Asap dan Hemat

FAJAR, MAKASSAR — PT PLN menunjukkan komitmennya sebagai pionir dalam upaya mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik dengan menggelar parade motor listrik di Makassar.

Chief Executive Officer Elders Elettrico, Heret Frasthio bersama Komunitas Kendaraan Listrik di Makassar, memulai rute dari Kantor PLN Kantor Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar dan berakhir di Nipah Park, Rabu, 7 Juni 2023.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin mengatakan, kegiatan parade dengan menggunakan motor listrik ini menjadi ajang sosialisasi yang dinilai efektif. Karena warga bisa melihat langsung bentuk fisik sepeda motor listrik dan keunggulan lain, tidak menimbulkan suara berisik dan tidak berasap.

“Kegiatan berkeliling dengan menggunakan motor listrik sebagai upaya PLN untuk mengenalkan keunggulan penggunaan motor listrik kepada masyarakat,” kata Andy.

Ia berharap, kegiatan ini dapat mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik sekaligus menumbuhkan kesadaran penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan, yang selaras dengan target emisi nol karbon.

Dipaparkan bahwa untuk satu liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1,5 kilowatt hour (kWh) listrik. Emisi karbon satu liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,5 kWh listrik emisinya setara 1,5 kg CO2e.

Selain ramah lingkungkan, biaya operasional motor listrik jauh lebih murah dibandingkan motor konvensional. Untuk motor konvensional dengan jarak tempuh 40 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM, sedangkan motor listrik dengan jarak sama menghabiskan 1 kWh.

News Feed