English English Indonesian Indonesian
oleh

Disdik Sulsel Mulai Sosialisasikan Tahap Penerimaan Peserta Didik Baru

FAJAR, MAKASSAR – Skema dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 ada yang berubah. Mulai dari kewenangan tanggung jawab, kuota, maupun jalur penerimaan.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Harpansah mengatakan, berkaitan dengan tanggung jawab pelaksanaan, kini semuanya tidak berpusat di Dinas Pendidikan Sulsel lagi. Tetapi sudah melibatkan Cabang Dinas dan sekolah masing-masing.

Sehingga, tugas dan kewenangan dinas pendidikan hanya sebatas monitoring dalam pelaksanaan PPDB. Tidak lagi bertindak sebagai panitia pelaksana di lapangan seperti sebelumnya.

”Sekarang itu tanggung jawab ada di cabang dinas masing-masing. Jadi ada panitia tingkat sekolah, ada juga panitia tingkat cabang dinas. Tugas kami di dinas ini melakukan monitoring dalam pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya, Senin, 5 Juni.

Lebih lanjut dia mengatakan, ini sudah sesuai dengan aruran yang berlaku. Termasuk petunjuk teknis (Juknis) yang dihasilkan setelah mereka melakukan rapat, sebagai turunan dari Peraturan Nenteri (Permen) dan Peraturan Gubernur (Pergub).

”Hari ini, tadi pagi baru beberapa jam kita buka sudah ada 3 ribu yang daftar. Siang ini, sudah ada 19 ribu. Nah, kami harapkan dari 148.306 lulusan SMP sederajat, biaa mendaftar semua,” terangnya. Saat ini tahap sosialisasi tanggal 5 hingga 10 Juni. Prapendaftaran dari tanggal 5-15 Juni dan Verifikasi Pra Pendaftaran : 05-16 Juni. (wid/*)

News Feed