English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Jadi Host NAFSA 2023

FAJAR, WASHINTON DC-Unhas  menjadi host dalam spesial lunch session (sesi makan siang spesial) pada acara Unhas Showcase, di Hotel Marriot Marquis Washington DC, USA pada tanggal 31 Mei 2023 di sela acara NAFSA 2023. Sesi makan siang dihadiri oleh lebih dari 40 delegasi universitas dari seluruh dunia yang mewakili beberapa benua. Makan siang yang dikemas secara semi-formal berlangsung di ruang Howard University, Hotel Marriot dari pukul 12.00 – 02.00 waktu Washington. 

WR IV Unhas, Prof Adi Maulana mengatakan bahwa sesi makan siang spesial ini dilakukan untuk memperkenalkan Unhas kepada beberapa potensial parner kerjasama dari berbagai universitas dari belahan dunia dan langsung membicarakan bentuk kerjasama antara Unhas dan universitas partner. Unhas sebagai salah satu Universitas besar di Indonesia, harus lebih agresif lagi dalam memperkenalkan diri di dunia global. 

Sesi makan siang spesial ini dihadiri oleh beberapa utusan universitas dari berbagai negara di dunia yang sebelumnya tertarik untuk bekerjasama dengan Unhas selama pameran NAFSA berlangsung. 

“Kami harapkan dengan makan siang akan terjalin pembicaraan yang lebih serius dan UNHAS dengan segala potensi yang dimiliki semakin dikenal oleh dunia,” kata Prof Adi.

Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang meluangkan waktunya hadir dalam sesi makan siang ini, walaupun undangan di edarkan 1 hari sebelum acara namun antusiasme partisipan yang ikut sangat tinggi. Unhas siap untuk menjadi partner dalam kerjasama global dengan segala comparative advantage yang dimiliki, serta mengundang seluruh partisipan yang merupakan perwakilan dari negara di benua Amerika, Eropa, Australia dan juga Afrika untuk datang ke Unhas.

Dia juga memperkenalkan Indonesia secara umum, pulau Sulawesi dan Kota Makassa. 

“Unhas telah banyak menghasilkan publikasi dan inovasi yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu dan teknologi di dunia. Salah satunya adalah temuan lukisan dinding yang tertua dengan umur sekitar 49.000 tahun di dunia di kawasan Geopark Maros Pangkep,” ungkapnya.

Dalam sesi pembukaan makan siang, seluruh partisipan menyaksikan video profil Unhas selama 2 menit yang menunjukkan pencapaian Unhas dalam berbagai bidang. Seluruh peserta menyatakan sangat senang dan siap bekerjasama dengan Unhas yang ditindaklanjuti dengan pembicaraan detail mengenai konsep dan skema kerjasama dalam bidang penelitian, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa pihak bahkan menyatakan langsung untuk siap menandatangani MoU kerjasama dan siap melakukan implementasi lanjut. 

Implementasi kerjasama segera ditindaklanjuti oleh Anshariadi, PhD, direktur kerjasama UNHAS dengan melakukan pembicaraan lebih detail dan saling menukar nomor kontak untuk pembicaraan lebih lanjut. 

Tercatat yang hadir di dalam pertemuan makan siang tersebut antara lain perwakilan dari, University of Nevada, University of California (US), Kansas University (USA), Bristol University (UK), Tohoku University (Jepang), La Trobe University (Australia), Texas University (US), China Medical University (Taiwan), University of Ankara (Turki), Nebraska University (US), University of Lisboa (Portugal) dan beberapa universitas besar baik yang baru mengenal UNHAS maupun yang sudah mempunyai kerjasama dengan UNHAS.

Beberapa perwakilan dari universitas yang hadir menyatakan kebahagiaannya bisa dapat hadir dalam acara sesi makan siang spesial ini dan menyatakan bahwa siap bekerjasama dengan Unhas kedepan. Beberapa peserta mengatakan bahwa sangat senang karena mereka sudah mengetahui potensi besar yang dimiliki oleh Unhas sebagai salah satu universitas terbesar dan akan memainkan peranan kunci dimasa yang akan datang di Indonesia.

Salah satu isu yang mengemuka adalah bahwa Unhas akan menjadi back bone dalam pengembangan ibu Kota negara baru yaitu Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur. Dalam sambuatan dan diskusi santai sambil makan siang, Prof JJ mengatakan bahwa Unhas adalah Universitas yang terbesar yang berada paling dekat dengan Ibu Kota Negara Nusantara yang baru. Dengan segala SDM, fasilitas serta infrastruktur yang dimiliki, Unhas siap menjadi garda terdepan dalam mengawal pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Negara Nusantara.

Dengan suksesnya acara sesi makan siang ini yang dihadiri oleh lebih dari 40 perwakilan universitas dari berbagai belahan dunia, Unhas menunjukkan kelas nya sebagai Universitas Kelas Dunia dan siap untuk menglobal. Semakin banyak universitas dan pihak lain yang mengenal Unhas dengan segala potensi yang dimilikinya. (edo)

News Feed