English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelindo Kembangkan Pelabuhan Baru Dukung Pembangunan IKN

BALIKPAPAN, FAJAR — Transportasi laut memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan nasional segala bidang. Tidak terkecuali pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang tengah dikebut.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) tentu tidak ingin ketinggalan peran dalam mendukung percepatan pembangun IKN Nusantara. PT Pelindo berencana mengembangkan pelabuhan baru di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

Pengembangan pelabuhan baru nantinya berada tak jauh dari titik nol IKN. Jarak tempuhnya dari Kota Balikpapan kurang dari 40 menit melalui jalur darat.

Pengiriman logistik dan material IKN menggunakan kapal laut pun dipandang lebih efisien dan efektif karena bisa mengangkut dalam jumlah lebih banyak dan barang muatan berukuran besar. Sehingga pengembangan pelabuhan di kawasan IKN penting untuk dilakukan.

Dalam pengembangan pelabuhan baru, Pelindo akan memanfaatkan lahan PT ITCI Kartika Utama dalam bentuk kerja sama nantinya.

“Pelabuhan ini akan menjadi perpanjangan kawasan Pelindo di IKN. Saat ini di Balikpapan Pelindo mengoperasikan Pelabuhan Semayang, Pelabuhan Kampung Baru dan pelabuhan peti kemas KKT,” kata Direktur Strategi Pelindo, Prasetyo.

Prasetyo menuturkan, bahwa selain dekat dengan titik nol IKN, Dermaga PT ITCI Kartika Utama dibidik karena memiliki faktor penunjang lainnya. Seperti ketersediaan lapangan penumpukan, gudang, dan yang paling menarik kedalaman alur laut sehingga memungkinkan untuk kegiatan tersebut.

“Selanjutnya Pelindo akan melengkapi pelabuhan sesuai standar. Di antaranya melengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya,” tambah Prasetyo.

News Feed