English English Indonesian Indonesian
oleh

Kadin Sulsel Dorong Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

FAJAR, MAKASSAR — Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulsel optimis ekonomi Sulsel bisa tetap tumbuh di tengah ketidakpastian ekonomi global. Akan tetapi, hal tersebut mesti dibarengi dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menuturkan, jika dilihat secara seksama untuk menunjang geliat ekonomi Sulsel 2023 yang harus dilakukan efisiensi dalam segala bidang.

“Karena kalau kita lihat saat ini ada beberapa kebijakan penganggaran yang mesti ditinjau ulang sebelum diberlakukan,” katanya, Senin, 29 Mei 2023.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini juga mengatakan, ke depan yang dibutuhkan Sulsel adalah pemantapan kesejahteraan melalui pembangunan manusia yang produktif dan berkarakter dengan prioritas pembangunan nasional.

Seperti perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, penguatan infrastruktur wilayah, pengembangan kawasan pusat pertumbuhan, penurunan kesenjangan sosial ekonomi, dan pembangunan manusia.

“Tentunya yang utama adalah pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui hilirisasi komoditas, dan pelestarian lingkungan hidup,” tutur Dewan Kehormatan BPP Hipmi itu.

Bendahara Umum DPN HKTI itu juga menyarankan agar pemerintah harus meningkatkan kapasitas fiskal daerah dan ekstensifikasi sumber-sumber penerimaan daerah melalui optimalisasi pemanfaatan potensi aset yang ada.

“Makanya pemerintah harus berorientasi pada pembangunan yang bermuara pada pencapaian target-target,” ujarnya. (sae)

News Feed