English English Indonesian Indonesian
oleh

Empat Anggota Polri Raih Magister Manajemen di IBK Nitro

FAJAR, MAKASSAR – Empat Anggota Polri telah mengikuti ujian tutup dan yudisium sebagai tahapan akhir dalam proses perkuliahan dan menyandang Gelar Akademik Magister Manajemen di Kampus Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro, Sabtu, 27 Mei.

Mereka sebelumnya telah mengikuti Seminar proposal dan seminar hasil. Ke empat anggota Polri ini meneliti di instansinya masing-masing, dengan hasil penelitian yang berbeda-beda.

Salah satunya, Nuralamasyah Dwisaputra meneliti tentang Pengaruh Simplifikasi Prosedur Pelayanan Masyarakat terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi di Satpas Polrestabes Kota Makassar. Dari enam variabel penelitian semua hasilnya Positif akan tetapi hanya satu yang significant. Menurutnya yang paling berpengaruh adalah ketepatan waktu dalam pengurusan.

Berbeda dengan Penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Rezki, Anggota Polri yang bertugas di Satpas Polrestabes Makassar ini meneliti tentang Analisis Pelayanan Publik dan Kinerja Personel terhadap Kepuasan Pengurusan Surat Izin Mengemudi pada Polrestabes Kota Makassar.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pelayanan publik dan kinerja personil berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Masyarakat yang mengurus SIM di Satpas Polrestabes Makassar.

‘Walaupun semua variabel penelitiannya hasilnya positif dan significant, akan tetapi terkadang ada masyarakat yang tidak puas dengan pelayanan kami jika mereka tidak lulus tes dalam mengurus SIM,” ungkap Rezki.

Sementara itu, Andi Arafat Soepalman meneliti tentang Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Fasilitas Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Personel di Direktorat Lalulintas Polda Sulawesi Selatan. Dari enam variabel independen yang diteliti semua hasilnya positif tapi tidak semuanya signifikan.

“Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan masing-masing dan terpenting adalah gaya kepemimpinan apapun yang diterapkan oleh setiap pemimpin harus tetap dapat memberikan motivasi kepada bawahan agar dapat berkinerja dengan baik,” ungkap Kanit Regident Satlantas Polres Bulukumba ini.

Berbeda dengan hasil penelitian Polisi Jalan raya yang satu ini, Bahrul.S yang kesehariannya berdinas di Kantor Dirlantas Polda Sulsel, meneliti tentang Pengaruh Suara Personel dan Kepemimpinan terhadap Pelayanan Publik Melalui Keterlibatan Personel pada Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan. Semua variabel yang diteliti hasilnya positif dan signifikan.

“Penting bagi seorang pimpinan untuk mendengar masukan dari bawahan dan melibatkan bawahan dalam hal ini personil karena akan berdampak positif bagi kinerja personil kepolisian,” ungkap Perwira Polri ini yang kesehariannya berdinas di Kantor Dirlantas Polda Sulsel. (ams)

News Feed