English English Indonesian Indonesian
oleh

RSUD Sawerigading Palopo Resmi Buka Layanan Perawatan Penyakit Jiwa, Pertama di Sulsel untuk Luar Makassar

FAJAR, PALOPO-Wali Kota Palopo, HM Judas Amir meresmikan pelayanan Cath Lab, ESWL, dan layanan perawatan jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Palopo, Rabu, 24 Mei 2023. Dalam acara peresmian tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Sawerigading Palopo, Irsan Anugrah menjelaskan bahwa Cath Lab ini telah didapatkan bersama dengan bangunannya pada tahun 2019. RSUD Sawerigading Palopo menjadi rumah sakit pertama di Sulawesi Selatan, di luar Kota Makassar, yang menyediakan layanan Cath Lab.

Irsan Anugrah juga menyampaikan, “Ini sebagai bentuk rasa syukur, sebagaimana Bapak Walikota selalu mengarahkan kami untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat di Kota Palopo dan sekitarnya tidak perlu lagi pergi ke Makassar. Begitu pula dengan layanan ESWL, alat pemecah batu ginjal tanpa sayatan, yang juga merupakan yang pertama di Kota Palopo.”

Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Prof Abdul Kadir mengapresiasi perkembangan Kota Palopo dalam sambutannya. Ia menyatakan, “Saya sering berkunjung ke Kota Palopo dalam kapasitas saya sebagai Ketua IDI Wilayah Sulselbar. Selama itu, saya telah berkali-kali datang ke Kota Palopo untuk pelantikan ketua IDI dan selalu dijamu oleh Bapak dan Ibu Walikota. Alhamdulillah, perkembangan Kota Palopo dalam bidang ekonomi sangat pesat, dan kita juga melihat kemajuan yang signifikan pada masyarakat.”

Prof Abdul Kadir berharap agar RSUD Sawerigading Palopo menjadi rumah sakit rujukan regional yang terbaik di Kota Palopo dan Luwu Raya. Ia berpendapat bahwa dengan adanya layanan ini, sebisa mungkin tidak ada lagi pasien yang meninggal akibat serangan jantung di Kota Palopo dan Luwu Raya.

Selain itu, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan ini juga mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir mengenai biaya kesehatan, karena semua sudah tercover oleh BPJS Kesehatan. Prof. Abdul Kadir menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota yang telah memiliki komitmen besar terhadap kepesertaan BPJS Kesehatan. Kota Palopo merupakan satu-satunya kabupaten di Sulawesi Selatan yang menerapkan Universal Health Coverage (UHC) dan memiliki komitmen terhadap BPJS Kesehatan.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, mengingatkan pentingnya membaca keadaan dan meresmikan pelayanan yang lebih baik. Bagi dia, yang paling penting adalah kesadaran bahwa pemerintah memang ada untuk masyarakat Kota Palopo dan Luwu Raya. Oleh karena itu, fasilitas dan layanan ini didirikan di RSUD Sawerigading Palopo. Selanjutnya, Wali Kota berpesan agar masyarakat menjunjung tinggi peraturan agama dan peraturan perundang-undangan negara, karena dengan patuh terhadap kedua hal tersebut, segala hal akan berjalan dengan baik.

Selain acara peresmian, juga dilakukan penandatanganan adendum perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan RSUD Sawerigading Palopo dengan BPJS Kesehatan Cabang Kota Palopo. Acara ini disaksikan oleh Wali Kota, Dewan Pengawas, dan Forkopimda Kota Palopo. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kota Palopo, Forkopimda Kota Palopo, Kepala Dinas Kesehatan, jajaran RSU Sawerigading, perbankan Kota Palopo, dan undangan lainnya. (shd/*)

News Feed