English English Indonesian Indonesian
oleh

Peningkatan Keterampilan Digital Melalui IoT, UIM Kolaborasi dengan SMKN 1 Barru

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Islam Makassar (UIM) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMKN 1 Barru, Rabu, 24 Mei 2023. Kolaborasi ini melibatkan Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Pendidikan Teknologi Informasi, Teknik Elektro, dan Agribisnis dalam menjalankan salah satu Tridharma Pendidikan.

Dengan tema “Meningkatkan Keterampilan Digital Melalui Pemanfaatan Internet of Things (IoT),” kegiatan ini diikuti oleh 85 siswa dari tiga kelas jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). PkM ini terbagi menjadi tiga keterampilan yang berbeda, yaitu Desain Web Menggunakan CMS yang dikoordinir oleh Sukirman, Robotika/Perakitan Drone yang dikoordinir oleh Nur Alamsyah, dan Perakitan Laptop/Pengenalan Hardware yang dikoordinir oleh Fahri El Fazza.

Tim PkM dipimpin oleh Ketua Sukirman, yang telah ditugaskan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Makassar. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang tinggi dari Arifin, Kepala Sekolah SMKN 1 Barru. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan digital siswa, sehingga mereka membutuhkan pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing.

Arifin berharap agar ke depannya dapat terjalin kerja sama yang lebih lanjut melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam program kegiatan berikutnya. Kerja sama tersebut akan difokuskan pada peningkatan kemampuan dan keterampilan guru-guru di SMKN 1 Barru. (/*)

News Feed