English English Indonesian Indonesian
oleh

Pencak Silat Piala Kasad, Sang Juara Bakal Bertarung di Tingkat Pusat

FAJAR, MAKASSAR-Tim A Kodam XIV/Hasanuddin berhasil menjadi juara umum Open Turnamen Piala Kasad 2023 yang digelar Kodam XIV/Hasanuddin di GOR Sudiang. Mereka menggondol lima emas, satu perak, dan tiga perunggu. Posisi kedua juara umum ditempat tim A Kodim Palopo dan disusul Kodim Jeneponto (lihat grafis).

Mereka kembali akan mengikuti gelaran open turnamen Piala Kasad 2023 di Kompleks Dinas Jasmani TNI AD di Cimahi Jawa Barat pada 26 hingga 28 Mei.

Pelatih Tim A Kodam XIV/Hasanuddin, Andi Irsan Anwar mengatakan, untuk open turnamen Piala Kasad yang digelar di Cimahi, pihaknya akan menerjunkan 20 pesilat. Mereka berasal dari TNI dan Polri sebanyak enam pesilat dan untuk masyarakat umum sekitar 16 pesilat.

Meskipun persiapan sangat singkat, kurang dari sepekan, ia tetap optimis bisa berprestasi tingkat nasional. “Target kami tidak kurang dari lima emas. Kami sangat optimis bisa mendapatkan itu, bahkan bisa lebih,” kata Andi Irsan saat ditemui di GOR Sudiang, Minggu, 21 Mei.

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso menuturkan, pihaknya sangat senang pertandingan pencat silat Piala Kasad ini. “Suport pemerintah seperti Forkopimda sangat baik, mereka semua hadir. Bahkan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid juga hadir,” ucapnya. Jenderal TNI AD bintang dua itu juga mengatakan, juara pada open turnamen piala Kasad akan kembali diikutkan ke open turnamen di kompleks dinas jasmani TNI AD di Cimahi Jawa Barat.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman juga mengapresiasi pertandingan tersebut. Acara tersebut sangat meriah. “Kami sangat suport kegiatan olah raga. Termasuk pencak silat,” harapnya.

Hal serupa juga diutarakan oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Dia menilai kerja sama antara Forkopimda sangat baik. Olah raga pencak silat harus dilestarikan sebagai olah raga berasal dari Indonesia. “Makanya saya sangat mengapresiasi pertandingan ini. Termasuk atlet dan penonton yang sangat tertib,” ucap politikus Golkar ini. (edo/ham)

Juara Umum

  1. Kodam XIV/ Hasanuddin Tim A
  • Emas 5
  • Perak 1
  • Perunggu 3

2. Kodim Palopo Tim A

  • Emas 4
  • Perak 3
  • Perunggu 2

3. Kodim Jeneponto

  • Emas 3
  • Perak –
  • Perunggu 4

News Feed