English English Indonesian Indonesian
oleh

Bisnis Digital FEB UNM Kembangkan Virtual Lab

FAJAR, MAKASSAR-Menunjang dan mendukung efektivitas, efisiensi, dan optimalisasi proses belajar mengajar, Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengembangkan Virtual Lab.

Kaprodi Bisnis Digital UNM, Syamsu Alam menjelaskan bahwa Virtual Lab ini pada fase 01, digitisasi dan digitalisasi tugas-tugas, proyek mahasiswa.

Tahap selanjutnya membangun produk-produk machine learning berbasis online yang harapannya dapat menyelesaikan masalah-masalah lokal dan masalah yang sering dihadapi di dunia bisnis (khusunya UMKM), masyarakat, institusi pendidikan, pemerintah, dan lain-lain yang membutuhkan jasa data analyst dan jasa data saintis.

Syamsu Alam berharap Virtual Lab memungkinkan mahasiswa mengalami lompatan kecerdasan dan keterampilan dalam menciptakan ekosistem bisnis digital yang berkelanjutan.

“Pentingnya mendorong kesadaran bahwa data as asset, data adalah potensi yang dapat diolah untuk pengembangan bisnis, pelayanan publik, dan pada akhirnya kesejahteraan bersama,” katanya.

Lebih lanjut Syamsu Alam mengatakan bahwa jika data is a king, maka ecosystem is a kingdom. Sebuah ekosistem membutuhkan support, koordinasi, kerja sama, dan akhirnya kolaborasi dari berbagai pihak, dari banyak pihak. (ams)

News Feed