English English Indonesian Indonesian
oleh

Realisasi Investasi Sulsel Melejit, Kadin Dorong Pemberdayaan Investor Lokal

FAJAR, MAKASSAR — Realisasi Investasi di Sulsel Triwulan 1 tahun 2023 capai Rp3,045 triliun. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel tekankan pemberdayaan investor lokal.

Diketahui realisasi investasi Sulsel mengalami peningkatan Rp901 miliar dari Triwulan 1 2022.
Angka realisasi investasi tahun ini ini terdiri dari PMDN Rp2,424 triliun dan PMA sebesar Rp803 triliun.

Realisasi tertinggi disumbang sektor usaha penanaman modal pertambangan sebesar Rp458 miliar. Disusul Transportasi, Gudang, dan Telekomunikasi Rp403 miliar dan Industri Logam Rp375 miliar.

Ketua Umum Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menuturkan pencapaian tersebut merupakan hal yang positif untuk perekonomian di Sulsel. Menurutnya capaian realisasi investasi tersebut masih bisa terus meningkat sebab peluang investasi Sulsel sangat luas. Sisa bagaimana pemberdayaan dan pengelolaan mesti dimaksimalkan.

“Dari dulu peluang investasi untuk sulsel itu luar biasa bagusnya. Akan tetapi tidak terlalu efektif pengelolaanya, dan yang paling perlu juga menjadi atensi bagaimana pemberdayaan investor lokal,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bendahara Umum DPN HKTI itu mengatakan di Sulsel semua sektor mendukung dengan baik untuk berinvestasi. Listrik mendukung, lahan, bahan baku bagus, dan sumber daya manusia yang unggul.

“Sisa bagaimana keseriusan untuk bagaimana agar bisa mengembangkan daerah ini,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu menilai ketika pengembangan itu serius dilakukan maka masyarakat Sulsel juga sudah siap untuk melakukan itu. Maka harus pula di dukung dengan percepatan pembangunan daerah.

News Feed