English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Unhas Implementasikan Pembelajaran Mendongeng dengan Metode Film Animasi pada Guru PAUD

FAJAR, MAROS-Dosen Unhas melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program Pengabdian kepada Masyarakat Unhas – Program Kemitraan – Masyarakat (PPMU-PK-M) ini dengan judul “Implementasi Pembelajaran Mendongeng dengan Metode Film Animasi pada Guru-guru PAUD se-Kecamatan Bontoa”, Selasa, 16 Mei.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian Dosen Sastra Indonesia Unhas, Prof Nurhayati tahun lalu mengenai dongeng-dongeng di Sulawesi Selatan, yang kemudian diimplementasikan melalui pembuatan film animasi. Acara ini berlangsung di Gedung SMP Negeri 13 Bontoa dan dihadiri oleh 21 orang guru PAUD se-Kecamatan Bontoa.

Selain memberikan metode pembelajaran mendongeng dengan Metode Film Animasi, peserta juga diberikan materi Sastra Anak yang disampaikan oleh Dr. Inriati Lewa, M.Hum., serta Pembelajaran Sastra secara umum yang disampaikan oleh Dra. Muslimat, M.Hum.

Prof Nurhayati juga turut memberikan materi mengenai pembelajaran mendongeng dengan metode film animasi. Tanggapan para guru-guru terhadap materi yang disajikan dalam pelatihan ini sangat positif, mereka menyambut dengan antusias dan menganggapnya sangat bermanfaat untuk pembelajaran mendongeng yang selama ini hanya menggunakan metode konvensional, di mana guru bercerita dan anak-anak mendengarkan, yang kadang membuat pembelajaran terasa monoton.

Dengan menggunakan media film animasi dongeng yang ditonton dan didengarkan anak-anak, pembelajaran mendongeng menjadi lebih menarik melalui gambar-gambar dan warna yang menarik.

News Feed