English English Indonesian Indonesian
oleh

Keterwakilan Bacaleg Perempuan Nasdem Masih Bisa Bertambah

FAJAR, PAREPARE — Keterwakilan bacaleg perempuan Partai Nasdem Parepare masih bisa bertambah. Terlebih totalnya saat ini berjumlah 9 orang.

Ketua DPD Nasdem Parepare, Faisal Andi Sapada menyebut terdapat 25 bacaleg Nasdem Parepare yang siap maju pada Pileg 2024 mendatang. Sembilan orang di antaranya keterwakilan perempuan.

Total ini pun dianggap telah melebihi aturan akan keterwakilan perempuan dengan total 30 persen berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) yang lama. Sebab, PKPU terbaru belum ditetapkan sehingga dilakukan penyesuaian.

“PKPU lama itu, kalau 2,4 ke bawah dibulatkan juga ke bawah. Berbeda dengan total 25 yang dibulatkan ke atas. Sekarang PKPU terbaru juga diminta 30 persen. Makanya, ini sudah sesuai berdasarkan aturan yang umum,” katanya, Kamis, 11 Mei.

Sementara, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Nasdem Parepare, Yasser Latief ikut menjelaskan terkait kemungkinan bertambah kuota bacaleg perempuan.

“Kemungkinan keterwakilan perempuan masih bisa berubah dari 9 bacaleg kami. Kita masih ikuti PKPU lama. Kalau PKPU baru itu 30 persen masing-masing dapil. Itu pembulatan ke atas. Jadi kemungkinan bertambah,” ungkapnya.

Pengajuan berkas bacaleg Nasdem Parepare ke KPU sebenarnya sudah dilakukan. Kendati demikian, sempat sempat terhambat persetujuan Dewan Pengurus Pusat (DPP) sehingga terjadi kekurangan di sistem informasi pencalonan (silon), Kamis, 11 Mei.

Hanya saja, kendala ini dianggap sudah dirampungkan DPP Partai Nasdem. Mereka pun sisa menunggu pengajuan kembali untuk segera diperiksa lebih lanjut oleh KPU Parepare.

DPD Partai Nasdem Sidrap pun demikian. Pengajuan berkas bacaleg mereka ikut terkendala persetujuan DPP. Namun, berkas mereka dianggap sudah disempurnakan setelah sebelumnya datang ke KPU di hari yang sama dengan Partai Nasdem Parepare.

Ketua KPU Sidrap, Syamsuddin Saleng menyebut hari ini (kemarin,red) DPD Partai Nasdem Sidrap telah terkonfirmasi melakukan pengajuan berkas para bacalegnya. Namun, memang perlu disempurnakan kembali.

“Pihak Nasdem Sidrap sendiri berharap bisa melengkapi syarat yang dimaksud hari ini. Bagusnya, berkasnya sudah kami ACC tadi. Pengajuannya sudah diterima ditandai penyerahan berita acara diserahkan ketua KPU kepada ketua Nasdem,” pungkasnya. (muh)

News Feed