English English Indonesian Indonesian
oleh

Kodim Luwu Timur Bakal Terbentuk, Kantornya Dibangun Tahun Ini

MALILI, FAJAR — Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) Kabupaten Luwu Timur segera dibentuk. Pembangunan kantornya bakal dibangun tahun ini. Lokasinya di Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, tempat di dekat Terminal, tak jauh dari Stadion Andi Hasan Opu To Hatta.

Gedung kantornya akan dibangun di atas lahan seluas dua hektar (2 ha).Kantor Kodim Luwu Timur dibangun menggunakan dana Hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur. Anggaran tahap pertamanya sekitar Rp 2,7 miliar. Komandan Kodim (Dandim) 1403 Palopo, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Apriadi Nidjo, mengatakan, kehadiran Kodim Luwu Timur akan memudahkan anggota TNI dalam menjalankan tugas pengamanan.

Sebab, Kodim 1403 Palopo mengcover Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur.”Soal namanya nanti belum ditentukan. Apakah Kodim Luwu Timur, Kodim Bumi Batara Guru atau ada nama lain kita belum tahu. Kita fokus dulu untuk pembangunan kantornya di sini. Semoga tahun ini sudah bisa dimulai,” kata Apriadi Nidjo saat bincang-bincang Warkop Punggawa, di Desa Baruga, Malili, Luwu Timur, Kamis, 11 Mei 2023.

Apriadi Nidjo bilang, pengajuan pembentukan Kodim di Luwu Timur diajukan pada tahun 2022. Ini dilakukan berdasarkan kondisi geografis Kabupaten Luwu Timur yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.Selain letak geografisnya, Kabupaten Luwu Timur juga menjadi daerah strategis saat ini. Sebab banyak proyek nasional.

Bahkan Luwu Timur akan berkembang sangat pesat. Sehingga diperlukan kantor khusus Kodim untuk memudahkan kegiatan pengamanan daerah. “Secara keseluruhan, jumlah personel TNI di Kabupaten Luwu Timur sebanyak 104 orang. Itu terdiri dari 4 Koramil. Harapannya nanti, setiap kecamatan ada Koramil juga,” imbuhnya.

News Feed