English English Indonesian Indonesian
oleh

Sekolah Fasilitator Econatural Society Indonesia: Pelatihan Dasar Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat

FAJAR, MAKASSAR-Berbagai kalangan masyarakat, akademisi, fasilitator pendamping, pekerja sosial, maupun mahasiswa menghadiri Sekolah Fasilitator yang diselenggarakan oleh Econatural Society Indonesia.

Econatural Society menggelar Sekolah Fasilitator volume 1 di Cafe Red Corner yang dihadiri oleh berbagai peserta di Sulawesi Selatan dan turut dihadiri berbagai instansi seperti Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan dan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan sebagai tamu undangan pada tanggal 5 hingga 7 Mei 2023. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari dengan tujuan untuk memberikan pelatihan dasar-dasar fasilitator pemberdayaan masyarakat kepada peserta.

Selama kegiatan berlangsung, selama tiga hari peserta akan diajarkan tentang teknik dan prinsip-prinsip dasar fasilitator seperti pengantar community development, pemetaan sosial dengan pendekatan kajian masyarakat pedesaan (PRA), perencanaan program, serta materi teknik fasilitasi dan monitoring evaluasi yang dikemas dalam bentuk presentasi materi dan simulasi.

Direktur Econatural Society Indonesia, Irfan, menyampaikan bahwa kegiatan Sekolah Fasilitator merupakan pertama kali diadakan secara eksternal. Harapannya, transformasi pengetahuan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan yang terus digagas bersama beberapa lembaga maupun stakeholder yang mempunyai misi untuk membangun partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam menangani permasalahan-permasalahan sosial.

Dengan demikian, melalui Sekolah Fasilitator, diharapkan para peserta akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menjadi seorang fasilitator yang efektif dan dapat membantu masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan berharap adanya kemitraan yang berlanjut di masa yang akan datang terkait pengabdian kepada masyarakat. (*)

News Feed