English English Indonesian Indonesian
oleh

Sukses Bawa STAIN Jadi IAIN Palopo, Kini Prof Pirol Maju Calon Rektor UIN Alauddin Makassar

FAJAR, MAKASSAR-Profesor Abdul Pirol, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, mendaftar sebagai calon rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada Kamis, 13 April.

Ia menjadi kandidat ke-8 dan ingin memimpin kampus ini dengan visi menjadi kampus peradaban berkelas dunia yang menjadi pelopor integrasi keilmuan dan berkontribusi pada peningkatan daya saing bangsa.

Misi Pirol adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, baik dosen maupun tenaga kependidikan, meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana kampus sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selain itu, ia ingin menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada penguatan intelektual, karakter, semangat nasionalisme, kearifan lokal, serta jiwa kewirausahaan mahasiswa.

Pirol juga ingin mengembangkan tradisi penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis integrasi keilmuan dan kearifan lokal. Ia akan mendorong penerapan budaya mutu dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan akademik untuk meningkatkan mutu pelayanan yang tercermin pada predikat akreditasi institusi dan program studi secara internasional. Pirol memiliki program peningkatan mutu, berupa peningkatan Akreditasi Institusi dan Program Studi.

Untuk mendukung visi ini, diperlukan penguatan di berbagai aspek, seperti manajemen, kepemimpinan, sarana dan prasarana, kualitas pelayanan, serta kualitas pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. Pirol juga ingin meningkatkan kualitas kurikulum dan proses perkuliahan dengan memperhatikan kebijakan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan trend perkembangan keilmuan internasional.

Selain itu, Pirol berencana untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dan tenaga kependidikan dengan melaksanakan rekrutmen, pembinaan, dan pelatihan secara terpadu, serta memberikan kesempatan untuk mengikuti dan menjadi narasumber pada forum-forum ilmiah seperti konferensi, seminar, dan workshop.

Dengan demikian, Pirol berharap dapat memimpin UIN Alauddin Makassar menjadi kampus peradaban berkelas dunia yang mengutamakan integrasi keilmuan dan memberikan kontribusi pada peningkatan daya saing bangsa. (shd/)

News Feed