English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Hatta: Usut Tuntas Penyebab Sungai Malili Merah

MALILI, FAJAR — Aliran sungai Malili sudah tidak sehat. Warnanya merah. Anggota DPRD Sulsel, Andi Hatta Marakarma minta DLH usut tuntas dan tindak pelaku dugaan kejahatan lingkungan.

Menurut Mantan Bupati Luwu Timur dua periode itu, aliran sungai Malili harus menjadi perhatian serius. Semua pihak, utamanya Bupati dan Anggota DPRD Lutim harus bertindak. Jangan lakukan pembiaran.

“Ini tidak bisa dibiarkan. Masalah ini harus diinvestigasi. DPRD dan Bupati harusnya lakukan pertemuan untuk membahas ini. Dan saya akan minta DLH juga tidak tinggal diam,” kata Andi Hatta Marakarma, Jumat, 31 Maret 2023.

Sungai Malili sendiri menjadi salah satu icon Bumi Batara Guru. Sayangnya, tercemari. Namun, pemerintah bahkan penegak hukum sekalipun seperti tidak berdaya. Memilih menutup mata, seolah-olah tak ada masalah sama sekali.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan FAJAR, Jumat (31/3/2023), aliran sungai Malili yang menghubungkan adanya aktivitas perusahaan pertambangan di Sungai Pongkeru adalah area pertambangan PT CLM Blok Pongkeru. Aliran sungai Pongkeru ini ternyata merah yang mengalir ke Malili.

Menurut keterangan yang dihimpun dari masyarakat, warna air yang berubah sangat erat kaitannya dengan aktivitas operasional PT CLM. Sebab, beberapa bulan terakhir sejak kegiatan operasional PT CLM belum normal, sungai Malili tetap terlihat jernih.

Warna airnya masih biru. Setelah CLM kembali beroperasi normal, sungai Malili sering kali terlihat merah. Sehingga, tak ada lagi orang yang memanfaatkan sungai untuk mandi. Apalagi untuk kebutuhan dikonsumsi.

News Feed