English English Indonesian Indonesian
oleh

Sah! Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ini Pernyataan Resmi FIFA!

QATAR, FAJAR–Federation Internationale de Football Association (FIFA) alias Federasi Sepak Bola Internasional telah membuat keputusan. Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia.

Otomatis, Indonesia tak lagi bisa menjadi tuan rumah event sepak bola terakbar kedua sejagad itu. Polemik penolakan atas keikutsertaan Timnas Israel menjadi pencetusnya, sehingga FIFA memutuskan membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 World,” tulis FIFA di lama resminya, Rabu, 29 Maret 2023.

Selanjutnya, tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin. Tanggal pelaksanaan turnamen saat ini tetap tidak berubah. “Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” sambung pengumunan itu lagi.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022.”

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua PSSI Erick Thohir.

Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat. (*)

News Feed