English English Indonesian Indonesian
oleh

SDMA Unggul, Indonesia Maju: Merencanakan Pengembangan Kompetensi Pegawai

Mrtode pembelajarn temapat kerja menggunakan metode coaching dan metoring

Manfaat Pembelajaran dI tempat kerja

• Efisiensi anggaran pengembangan kompetensi karena lebih banyak pegawai yang dapat dikembangkan kompetensinya dengan jumlah anggaran yang ada

• Waktu kerja produktif lebih banyak karena pegawai tidak perlu selalu meninggalkan pekerjaan selama proses pembelajaran

• Hasil pembelajaran lebih aplikatif karena pegawai belajar sambil mengerjakan pekerjaan yang nyata

• Lebih efektif dalam memenuhi kesenjangan kompetensi karena didasarkan pada kebutuhan nyata organisasi atau pegawai

• Dapat memperoleh pengakuan secara formal dalam sistem pengembangan kompetensi ASN.

• Mendorong terwujudnya organisasi pembelajaran , model pembelajaran terus menerus karena kesempatan pegawai untuk belajar di tempat kerja senantiasa terbuka, baik secara khusus dan tersendiri maupun untuk lebih memantapkan apa yang sudah didapatkan melalui pembelajaran di pusat Diklat.

Pengembangan kompotensi ASN yang dilakukan pemerintah melalui Lembaga Adminsitrasi Negara dan dan Lembaga pelatihan terakreditasi lainnya sudah cukup baik dan terus perkembangan mengikuti era revolusi tegnologi 4.0. Metode pelatihan didesain secara inovatif adaftif,responsif dan dinamis.

Salinan Keputusan Kepala LAN No 13/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Penyelenggraaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil, mencantumkan bahwa Pelatihan dasar CPNS dilaksanakan secra Blended Learning.,Blended Learning adalah Pelatihan Dasar CPNS yang dilakukan dengan memadukan proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas dan proses pembelajaran secara daring. pelaksanaan pelatihan Blended Learning merupakan metode pelatihan yang telah sejalan dengan perkembangan pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi.

News Feed