English English Indonesian Indonesian
oleh

Australia Barat dengan Beragam Pesona

Berjalan di taman yang luas, langit biru cerah, saat kaki melangkah manja di rerumputan hijau diseberang sana, terbentang lautan luas. Anda berada di Australia Barat.

Kemolekan Australia barat dengan kekayaan alam yang luar biasa terlalu sayang untuk dilewatkan. Mungkin selama ini Pelancong banyak yang berpikir, sayang jika Visa Australia yang didapat hanya untuk mengunjungi satu Negara Bagian Australia, karena saat kita terbang ke Australia Barat tidaklah mudah untuk mengunjungi Negara bagian lain secara pembiayaan, wilayah Australia Barat memang sangatlah luas, sehingga biaya untuk penerbangan domestik menjadi lumayan tinggi.

Pemikiran semacam ini akan menjadi sirna, setelah kita mengenal lebih dekat tentang Australia Barat. Banyak hal menarik yang tak terlupakan. Mari ikuti pengalaman perjalanan saya selama delapan hari.

Australia Barat adalah negara bagian Australia yang paling dekat dengan Indonesia, dan memiliki perbedaan waktu hanya 1 jam lebih cepat dari Waktu Indonesia Barat, atau sama dengan Waktu di Wilayah Indonesia Tengah.

Perjalanan saya kali ini atas undangan Tourism Australia Barat dengan mengundang 6 Travel Agent Indonesia; Aussie Centre, Bianglala, Celindo, Dwidaya, Monas, Samasta, dan Wita Tour.

Untuk sementara ini, penerbangan ke Perth dari Indonesia, baru ada dari Ngurah Rai Airport Denpasar. Adapun kami menggunakan Singapore Airlines, yang secara otomatis harus Transit di Bandara Changi, Singapore.

Berkeliling Kota dengan menggunakan Segway, inilah petualangan di hari hari pertama memulai tour, tentu saja pengalaman menarik. Guide menerangkan tentang indahnya kota, melewati bangunan modern, bangunan bersejarah, hutan kota taman hijau. Bayangkan, angin sepoi yang menerpa saat Segway melaju, di taman kota yang indah, pasti tidak pernah terlupakan.

Selain menikmati indahnya kota Perth, kami juga mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya, yang berada di Fremantle, Rottnest Island, Mandurah, Bunbury, dan juga Busselton.

Kota Fremantle bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 30 menit, baik menggunakan bus maupun kereta, tetapi dalam perjalanan ini, kami berangkat menggunakan mobil dan saat kembali ke kota Perth, kami menggunakan Cruise.

Fremantle adalah sebuah Kota Pelabuhan, dan di sini merupakan pertemuan Swan River dengan Samudera Hindia. Rasakan sensasi Australia yang sesungguhnya dengan segelas kopi atau wine, yang terhidang bersama Chips and Fish. Jangan lupa mampir ke Fremantle Markets, banyak sekali kuliner lokal dan pernak-pernik souvenir.

Rottnest Island, jika mungkin selama ini kita hanya melihat dan mencoba bermain dengan Dolphin, di Theme Park, di Rottnest Island. Anda bisa melihat Dolphin di Alam lautan bebas. Dengan Kapal Jetboat Pelancong akan dia mengajak sedikit berpetualang di lautan lepas, pemandu akan mengarahkan Jetboat ke tempat Dolphin, Jetbout akan sedikit pelan untuk memberikan ruang bagi kami untuk membuat video dan mengabadikan Dolphin – dolphin yang berenang Bebas.

Rotnes Island sendiri memiliki pasir putih yang cantik, di sini pun tersedia penginapan baik Cottage maupun Glamping. Tidak hanya Dolphin di lautan lepas, saat kita berada di pulau ini, Anda dapat melihat bahkan foto dengan binatang local dari Rotnes Island, Quokka .

Mandurah

Saat menginjakan kaki di kota Mandurah, suasan liburan sudah Anda dapatkan, kota bersih dengan gemerlap Cafe , restaurant, dan toko Suvenir.

Kota ini terletak di sekitar Pprairan teluk Mandjar, yang biru kehijaun menambah harmoni kecantikannya. Menjelang matahari terbenam, makan malam kami terhidang sangat istimewa, seafood barbecue yang sangat unik, dan ini merupakan pengalaman pertama kali bagi kami.
Kami mengendarai sebuah boat berbentuk bulat, lengkap dengan seafood alat barbeque, dan tentu saja minuman. Sambil kita mengeliilingi teluk, dengan kilau keemasan menjelang matahari terbenam, kalau Anda menghendaki lebih privacy, boleh mengendarai sendiri Boatnya. Beruntung juga bagi kami, sambil menikmati makanan lezat, banyak Dolphin yang berenang di sekitar boat kami.

Bunbury

Berjarak hanya dua jam dari Kota Perth, dan merupakan kota ke-3 terbesar di Australia Barat, merupakan tempat liburan yang ideal dan layak. Karena, di kota ini memiliki banyak pilihan untuk kuliner, berbelanja, berenang dan pastinya akomodasi.

Bunbury terkenal dengan lumba lumba hidung botol yang liar. Kami juga melakukan tour dengan menggunakan Cruise menyaksikan lumba-lumba di lautan lepas.

Busselton

Jangan pernah lewatkan kota ini, jika Anda berkunjung ke Australia Barat. Kota Pantai yang cantik dan terkenal dengan Dermaga Kayu Terpanjang di belahan Bumi Selatan.

Di Busselton Jetty & Underwater Observatory kami naik kereta di rel tengah laut kurang lebih sepanjang 2 kilometer, sampai mencapai titik sebuah bangunan, di dalam menggunakan kaca, sehingga pengunjung dapat melihat kehidupan di bawah laut.

Bukan hanya itu, di Busselton, kami melakukan pendakian di hamparan bebatuan merah yang cantik tepat di pinggir laut yang indah. Malam hari, kami masih bisa berinteraksi dengan kanguru dan binatang Australia, yang lebih aktif di malam hari di Yelverton Brook Conversation Sanctuary. (*)

Oleh: Teguh Heri Basuki
Chief Executive Officer Samasta Travel

News Feed