English English Indonesian Indonesian
oleh

Fapet Unhas Bina Desa untuk Meningkatkan Potensi Ternak Kambing di Jeneponto

FAJAR, MAKASSAR-Tim bina desa kemahasiswaan Fakultas Peternakan (Fapet) Unhas melakukan kegiatan bina desa di Desa Barana, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Selasa, 21 Maret 2023. Dalam kegiatan tersebut, tim melakukan diskusi dengan peternak setempat untuk mengidentifikasi potensi, permasalahan, dan kebutuhan peternak melalui pendekatan Participatory Rural Aprisal (PRA).

Dalam kegiatan tersebut, dosen Fakultas Peternakan Unhas, Ilham Syarif, mengatakan bahwa pemberdayaan bagi peternak dapat berjalan dengan baik jika konsep kolaborasi antara Academisi, Businessman, Community, Government, dan Media (ABCDM) atau yang dikenal dengan konsep Pentahelix dapat diterapkan. Konsep ini dapat memaksimalkan potensi budidaya ternak kambing dengan memerankan peran masing-masing sektor.

Alumni Fakultas Peterankan Unhas Sultan menjadi narasumber pada kegiatan ini mengatakan bahwa, dalam budidaya ternak kambing hal paling utama yang harus dilakukan adalah passion, ilmu, kreativitas dan hobi. Seseorang memliki keinginan atau niat dalam budidaya ternak kambing perlu ada dukungan pengetahuan, keterampilan dan tentunya menjadikan hal yang menyenangkan agar dapat berguna bagi kesehatan, meningkatkan ekonomi dan meningkatkan status sosial.

Para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan bina desa ini merupakan mahasiswa peternakan angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2022. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peran mahasiswa sebagai agen perubahan dan pengawasan sosial dalam penerapan konsep Pentahelix untuk membantu para peternak khususnya peternak kambing dalam menggali potensi, permasalahan, dan kebutuhan serta memberikan solusi yang tepat. Kegiatan ini merupakan program dari Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Universitas Hasanuddin Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier untuk Semester Akhir tahun Akademik 2022/2023.

Tujuannya adalam untuk meningkatkan peran mahasiswa sebagai agent of change dan Control Social dalam penerapan konsep Pentahelix untuk membantu para peternak khususnya peternak kambing dalam menggali potensi, permasalahan dan kebutuhan agar dosen dan mahasiswa mencoba memberi solusinya.

Kegiatan ini dikoordinasi langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan Syahdar Baba dan melibatkan dosen yaitu, Hikmah Ali, A Amidah Amrawaty, dan Muhammad Ihsan Andi Dagong sebagai pengarah dan Kasmiyati Kasim sebagai anggota tim yang membantu menganalisis dan memberikan solusi dari permasalahan yang didapatkan di lapangan. (*/)

News Feed