English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas MoU dengan Lemhanas dan Badan Kebijakan Transportasi

FAJAR, MAKASSAR– Unhas dan lembaga ketahanan nasional (Lemhanas) sepakat kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi khususnya dalam mendorong peningkatan bidang kajian strategis. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Prof Adi Maulana bersama Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto.

Kegiatan berlangsung pada tanggal 20 Maret 2023 mulai pukul 10.00 Wita di Kantor Lemhannas RI, Jln. Medan Merdeka Selatan, No 10 Jakarta. Prof Adi Maulana mengatakan, kehadiran Unhas menjadi strategis karena memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Apalagi dewasa ini setiap institusi berupaya untuk meningkatkan kapasitas SDM, dan tentu Unhas hadir untuk tujuan tersebut, melalui program-program yang bisa didesain bersama. Dengan berbagai sarana prasarana serta kualitas SDM yang dimiliki, dirinya menyakini kolaborasi Unhas bersama Lemhannas khususnya dalam peningkatan bidang kajian strategis akan terlaksana secara optimal.

“Unhas menyambut baik kerja sama dengan berbagai pihak, hal ini merupakan salah satu komitmen Unhas untuk membangun dan memperkuat kolaborasi. Unhas selalu berupaya agar kehadirannya bisa memberikan manfaat, baik bagi masyarakat maupun bagi dunia pendidikan tinggi. Unhas memiliki komitmen untuk hadir membantu dan memberikan kebermanfaatannya sesuai kapasitas yang dimiliki,” jelas Prof Adi, Selasa, 21 Maret

Lebih lanjut Prof Adi juga menuturkan pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Badan Kebijakan Transportasi pada Kementerian Perhubungan sepakat kerja sama dalam bidang pengembangan tridharma. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Kantor BKT Jln Medan Merdeka Timur, Senin, 20 Maret.

“Kolaborasi ini nantinya akan berfokus pada pembuatan rumusan kebijakan transpotasi Indonesia. Tentu kami sangat menyambut baik kerja sama ini, secara umum Unhas terus memperluas kebermanfaatannya melalui pola kemitraan dengan berbagai sector. Kami berharap, implementasi kerja sama ini bisa segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Andi Widjajanto merasa senang bisa membangun kemitraan dengan Unhas. Dirinya banyak mendengarkan tentang capaian dan prestasi Unhas dalam berbagai bidang. Untuk itu, menurutnya Unhas merupakan mitra kolaboratif yang strategis dalam mendorong pelaksanaan tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh Lemhannas.

“Kolaborasi bersama perguruan tinggi perlu dilakukan, mengingat lembaga pendidikan tinggi memiliki sumber daya manusia berkualitas,” ucapnya.

Kepala Badan Kebijakan Transportasi, Gede Pasek Suardika menyatakan dia merasa senang bisa menjalin kemitraan dengan Unhas. Dirinya menyakini, dengan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Unhas, tentu akan membantu Kementerian Perhubungan dalam mengoptimalkan tugas dan tanggungjawab yang diberikan.

“Secara umum, Badan Kebijakan Transportasi mempunyai tugas menyelenggarakan analisis dan pemberian rekomendasi kebijakan transportasi dengan beberapa fungsi yang melekat yakni penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program analisis dan penyusunan rekomendasi kebijakan transportasi; pelaksanaan analisis dan pemberian rekomendasi kebijakan transportasi; pelaksanaan analisis dan pemberian rekomendasi norma, standar, prosedur, kriteria di bidang transportas hingg pengelolaan manajemen pengetahuan kebijakan transportas,” tambahnya. (edo)

News Feed