English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Tingkatkan Prestasi Mahasiswa di Dua Kompetisi Debat

FAJAR, MAKASSAR-Demi meningkatkan prestasi mahasiswa Unhas pada kompetisi debat nasional, Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Unhas melaksanakan kompetisi National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Universitas. Kegiatan ini dilaksanakan, Sabtu dan Minggu (18-19 Maret 2023) di Fakultas Farmasi Unhas.

NUDC adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan KDMI adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa Indonesia. Kedua kompetisi tersebut merupakan dua kompetisi debat terbesar dan paling bergengsi untuk mahasiswa di Indonesia yang telah diselenggarakan oleh Ditjen Diktiristek setiap tahun sejak 2009.

Kepala Subdirektorat Penyiapan Karier Universitas Hasanuddin, Sahriyanti Saad memberikan arahan singkat kepada para peserta. Ia memberikan semangat berkompetisi semuanya.

“Perlu diingat bahwa meski kompetisi kali ini hanya di tingkat Universitas, kompetisi ini harus dihadapi dengan serius karena melalui kompetisi inilah akan dipilih debaters terbaik untuk diikutsertakan dalam kompetisi NUDC dan KDMI tingkat Nasional,” jelasnya.

Kompetisi NUDC dan KDMI menghadirkan sebanyak 9 juri yang diketuai oleh Mutiah Wenda Juniar, Meylinda, dan Muhammad Daffa Rizqillah. Beberapa dosen anggota Kelompok Kerja (POKJA) Prestasi dan Kewirausahaan juga turut hadir dalam pelaksanaan kompetisi ini.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 12 tim untuk kompetisi NUDC dan 24 tim untuk KDMI yang terdiri atas berbagai fakultas di Unhas. Masing-masing tim beranggotakan dua orang mahasiswa dan tiap timnya tidak dibatasi untuk berasal dari fakultas yang sama.

NUDC dilaksanakan pada hari pertama dan KDMI dilaksanakan pada hari kedua. Kompetisi dimulai sejak pagi hari dan diakhiri dengan penentuan 4 tim yang melaju ke babak final di sore harinya. Masing-masing sesi debat mengangkat tema yang berbeda demi mengukur kemampuan debaters dalam mengembangkan topik yang diberikan.

Pengumuman pemenang dan penutupan kompetisi dihadiri langsung oleh Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Universitas Hasanuddin, Abdullah Sanusi. Ia memberi selamat kepada para pemenang yang dipilih berdasarkan kriteria penilaian kompetisi NUDC dan KDMI tingkat Nasional. “Tetap berlatih dan tetap berdoa, karena rangkaian kompetisi NUDC dan KDMI masih sangat panjang,” ucapnya.

Adapun nama-nama pemenang NUDC dan KDMI tingkat Unhas (grafis). Pemenang kompetisi NUDC dan KDMI tingkat Universitas diberikan reward dan selanjutnya akan mendapatkan pendampingan oleh tim pelatih terbaik. Setelah dilakukan rangkaian pendampingan, mahasiswa disaring kembali untuk memilih perwakilan Universitas Hasanuddin masing-masing 1 tim untuk kompetisi NUDC dan KDMI tingkat wilayah. (*)

Pemenang Kompetisi NUDC

Juara 1: Muhammad Hafizh (FISIP) & Muhammad Yudhistira (FKM)
Juara 2: Muhammad Rizki & Jedidya Ricardo (FK)
Juara 3: Esya Ariel & Muh. Haritsa (FHUT)
Juara 4: Juan Elton (FEB) & Maria Engeliqa (FIB)

Pemenang Kompetisi KDMI
Juara 1: Liza Faizah (FISIP) & Esya Ariel (FHUT)
Juara 2: Nur Afifah (FISIP) & Muhammad Yudhistira (FKM)
Juara 3: Abd Salam (FISIP) & Aswita Maharani (FH)
Juara 4: Muhammad Ardiansyah (FMIPA) & Nur Hikmah (FISIP)

Best Speaker
Kompetisi NUDC: Muhammad Hafizh (FISIP)
Kompetisi KDMI: Liza Faizah (FISIP)

News Feed