English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Buat Carrier Day bagi Siswa SMA Negeri 2 Pangkep

FAJAR, MAKASSAR-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Hasanuddin (LPPM) melakukan pengabdian masyarakat program kemitraan masyarakat (PPMU-PK-M) tahun 2023. Itu dengan kegiatan Carrier Day bagi Siswa/Siswi dan Guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 2 Pangkep di Krama Living Space, Kec. Segeri Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Senin, 20 Maret 2023.

Kegiatan Carrier Day ini dihadiri oleh Dr A Amidah Amrawaty selaku ketua tim, Abdullah Sanusi, Burhan Kadir, Icha Musywirah sebagai anggota tim pada program pengabdian Unhas. Hadir juga Dwiana Fajriati Dewi, Suryanto Arifin, dan Ilham Syarif, serta mahasiswa  Ilmu Budaya dan Departemen Psikologi, Noor Dyah Utami Jamal, Ailani Kristanti, Nur Azizah M Aras, dan Putri Aurel Nurinda HR,.

Peserta yang terlibat pada kegiatan ini yaitu guru konseling dan siswa SMA N 2 Pangkep. Peserta terdiri dari guru konseling 5 Orang dan Siswa kelas X, XI dan XII sebanyak 50 Orang.

Ketua Tim, Amidah Amrawaty menyampaikan bahwa  Carrier Day ini merupakan persiapan bagi siswa-siswi agar dapat merencanakan masa depannya dengan memetakan potensi diri untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan diri.

“Kegiatan ini adalah program pengabdian pada masyarakat khususnya program kemitraan masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) khususnya kepada Siswa-Siswi SMA 2 Pangkep yang di jadikan sebagai mitra kegiatan,” ujar Dosen Fakultas Peternakan Unhas ini.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pangkep Rusalam menyampaikan terima kasih atas kedatangan Tim pengabdian dari Unhas yang telah memilih sekolah kami yaitu SMA 2 Pangkep sebagai lokasi pengabdian.

Kata dia, siswa-siswinya sangat semangat dan senang mendengar berita bahwa Dosen dari Unhas akan membuat kegiatan sehingga mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. “Harapan kami kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik mengingat momentum ini karena Dosen dari unhas yang mendatangi kita ke Segeri,” ungkapnya.

Carrier Day dilaksanakan dengan menghadirkan dosen Unhas dari Fakultas Kedokteran, Departemen Psikologi Dwiana Fajriati Dewi. Tema materi yang disampaikan “My Carrer Juorney, Perjalananku Menuju Karier Impian”.

Di awal materinya Dwiana memulai dengan Ice Breacking dalam bentuk Games agar siswa dan siswi menjadi tambah semangat mengikuti Carrier Day ini. Materi awal yang disampaiakan yaitu “Diri-ku di masa depan” memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk membayakan seperti apa dirinya 10-20 tahun ke depan. 

Dwiana menambahkan materinya tentang kenali diri lebih jauh apa yang menjadi  kekuatan dan kelemahan diri. Bagaimana pendapat orang lain tentang kekuatan dan kelemahan diri yang dimiliki serta menggambarkan diri melalui aktivitas yang disenangi serta memiliki keterampilan, target pencapaian, rencana tindakanan serta pernyataan komitmen. “engan adanya kegiatan hari ini diharapkan membuka harapan dan impian Siswa-siswi kedepan lebih spesifik dan jelas,” ungkapnya. (*)

News Feed