English English Indonesian Indonesian
oleh

Pangdam XIV/Hsn Terima Gelar Adat di Kete Kesu

FAJAR, TORAJA– Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso terima gelar adat Kete Kesu’ “Rinding Batunna Sulawesi Selatan, Tinaran Bassinna Toraya” yang langsung disematkan oleh Layuk Sarungallo, Tokoh Adat di Kete Kesu’.

Adat gelar yang diberikan kepada orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini, disaat melaksanakan road show ke-10 di Toraja Utara, tepatnya di Kete Kesu’, Sabtu, 18 Maret 2023.

Kete Kesu’ adalah suatu desa wisata di kawasan Tana Toraja yang dikenal karena adat dan kehidupan tradisional masyarakat dapat ditemukan di kawasan ini. Pemberian gelar adat ini diberikan oleh rumpun keluarga Tongkonan Adat Kesu’ sebagai bentuk penghargaan kepada Pangdam XIV/Hasanuddin.

“Gelar ini memiliki makna yang sangat mendalam sebagai benteng pertahanan masyarakat Sulawesi Selatan dan pemutus mata rantai perselisihan jika ada pergolakan di Toraja,” ungkap Layuk Sarungallo.

Pangdam mengucapkam terima kasih dan bangga serta akan mengemban amanah serta bertanggungjawab atas gelar yang telah diterimahnya.

“Terima kasih kepada masyarakat di Toraja Utara, khususnya keluarga rumpun yang ada di Kesu’, yang telah memberikan saya suatu penghargaan, dan ini akan saya jadikan amanah dan tanggungjawab untuk kita semua, khususnya di Sulawesi Selatan” ungkapnya.

Selain menerima gelar adat, Pangdam beserta rombongan menyempatkan diri untuk melihat budaya khas suku Toraja, baik pernak-pernik dan wisata alam seperti pekuburan batu dan goa alam yang ada di Kete Kesu’. (edo)

News Feed