English English Indonesian Indonesian
oleh

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Desak Penertiban Truk ODOL

FAJAR, MAKASSAR-Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, mendorong penertiban truk Over Dimension Overload (ODOL) di jalan poros Maros-Bone yang sering menyebabkan kemacetan.

Ia menyarankan agar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan kepolisian dalam menertibkan truk ODOL. Selain itu, ia juga mendorong jembatan timbang untuk beroperasi 24 jam demi menertibkan truk ODOL. Namun, ia mengusulkan agar pemerintah memanfaatkan teknologi deteksi sensor untuk mengatasi masalah kemacetan tersebut.

Menurut Andi Iwan, teknologi deteksi sensor dapat mengetahui kendaraan over dimension atau overload. Ia berharap penggunaan teknologi tersebut dapat membentuk ketertiban secara langsung dan dapat diimplementasikan segera.

Andi Iwan juga mencontohkan langkah kementerian transportasi di negara lain dalam menertibkan truk ODOL. “Terkait persoalan ODOL yang sulit diatasi tersebut, sehingga, ia menilai apabila Dirjen Perhubungan Darat mampu memberi terobosan, hal itu akan luar biasa. Kami harap dan kami yakin bahwa hal itu insyaallah akan bisa diselesaikan,” bebernya. (sae/*)

News Feed