English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Kecamatan Tallo dengan Air Minum yang Aman

FAJAR, MAKASSAR-Permasalahan krisis air yang mengganggu perekonomian, kesehatan, dan kehidupan sosial. Hal ini membuat Tallo membutuhkan solusi untuk mengatasi akses air bersih dan air minum aman yang tepat.

Akses tersebut, dapat diwujudkan bila
terjadi kolaborasi dan pemanfaatan teknologi. Untuk itu Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) sebagai organisasi nirlaba dari Grup GoTo, dilahirkan untuk mendobrak batasan dan menciptakan dampak yang mengakar dan berkelanjutan. Bersama Celebes Green Project, Terra Water, dan Kopernik.

Membahas hal tersebut, dibuatlah Webinar bertajuk ” Peningkatan Kualitas Hidup dengan Air Minum yang Aman”, Rabu, 15 Maret.

Pemateri sekaligus Wakil Rektor 1 Unifa, Ismail Marzuki, membahas terkait Kesadaran individu dan rumah tangga terhadap kualitas Air Minum.

Ia mengatakan jika memang ingin mencarikan akses air bersih dan aman yang terdekat untuk warga di kecamatan Tallo, bisa melihat lokasi sekitar dengan menilai kehidupan masyarakatnya.

“Bisa lihat usia masyarakat yang tinggal disana. Jika mereka berumur panjang maka bisa mengambil akses air bersih disekitar lokasi tersebut,” ucapnya.

Sebab ini memperlihatkan kalau kualitas air disana, cukup baik karena bisa membuat orang bertahan hidup.

Ismail mengaku jika pembelajaran ini ia dapatkan dari ketika ia bekerjasama dulu dengan orang Jepang. Ada satu projek mengenai air bersih, di Maros, cara ini ia ambil dan memang terbukti kualitas airnya bagus.

“Membuat proyek gotong royong dengan memadukan teknologi inovatif dan edukasi bisa membuat projek lebih bisa bergerak karena banyak ide didalamnya,” tuturnya.

Dosen Prodi Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas, Syamsuar Manyullei mengatakan kebanyakan ia melihat di kecamatan Tallo, masyarakat juga punya kebiasaan menampung air.

Sebaiknya kebiasaan ini, membuat masyarakat memperhatikan wadah atau tempat penyimpanan air bersih mereka.
Wadah penyimpan air harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi kualitas air minum.

” Wadah penyimpan air harus memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita membutuhkan air minum dalam jumlah besar, maka kita harus memilih wadah penyimpan air dengan kapasitas yang lebih besar,” ucapnya.

Terpenting itu, Wadah penyimpan air harus mudah dalam pembersihan dan tidak memiliki celah atau bagian sulit untuk kita jangkau, sehingga air minum dalam wadah tersebut selalu bersih dan berkualitas.(wis)

News Feed