English English Indonesian Indonesian
oleh

DTPHP Bone Apresiasi Kinerja Penyuluh dan Semarakkan HJB Lewat Gebyar Pertanian

FAJAR, BONE — Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kebutuhan Bone helat Gebyar Pertanian menyambut Hari Jadi Bone (HJB) ke-693.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Bone, Andi Asman Sulaiman menuturkan, gelaran ini merupakan wadah evaluasi bagi penyuluh agar bisa terus berbuat lebih demi peningkatan produksi berdasarkan penilaian yang dilakukan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk evaluasi. Utamanya terkait produksi pangan strategis,” ucapnya pada gelaran Gebyar Pertanian menyambut HJB ke 693 di Green Epicentrum Bone, Kamis, 16 Maret 2023.

Ia berkomitmen, kegiatan tersebut akan diselenggarakan secara rutin tiap tahun dan akan dirangkaikan dengan kegiatan menyemarakkan HJB.

“Anggarannya ini semua berasal dari Kadis TPHP. Karena ini tidak masuk dalam perencanaan program kita, yang dianggarkan di Dinas TPHP. Tetapi kita laksanakan ini sebagai bentuk apresiasi kita terhadap kinerja penyuluh,” paparnya.

Event ini juga dimeriahkan dengan beberapa perlombaan, yakni lomba produksi padi, jagung, kedelai (pajalele) antarkecamatan, lomba pekarangan pangan lestari (P2L), lomba Pos Penyuluh Desa Terpadu (Posludes), lomba antar-Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kabupaten Bone, lomba cipta menu, dan lomba senam poco-poco antar-BPP dan bidang lingkup Dinas TPHP.

“Hari ini juga kita akan membacakan prestasi dari penyuluh, serta beberapa kelompok tani (poktan) yang memiliki produksi tertinggi. Ada poktan yang produksinya mencapai 19,7 ton per hektare, selebihnya 17 ton per hektare, dan 16 per hektare. Total hadiah yang disediakan mencapai Rp40 juta,” sebut dia.

News Feed