English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor UNM Terima Rekomendasi Pembukaan Prodi Kesehatan dari Kemenkes RI

FAJAR, MAKASSAR-Impian Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk membuka Program Studi Kedokteran semakin dekat terwujud. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin sudah memberikan rekomendasi pembukaan Program Sarjana Kedokteran dan Program Pendidikan Profesi Dokter, serta pembentukan Fakultas Kedokteran di UNM.

Rekomendasi ini diterima oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam dan Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Hasnawi Haris di Kantor Kementerian Kesehatan di Jakarta pada Kamis, 9 Maret 2023. Dra Oos Fatimah Rosyati, Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan, menyerahkan rekomendasi tersebut kepada UNM.

Pendirian Prodi Kedokteran di UNM didasarkan pada hasil visitasi kelayakan yang dilakukan oleh Tim Kemenkes pada bulan sebelumnya. Tim tersebut mengevaluasi kesiapan UNM di Kampus V UNM, Kota Parepare dan mengecek fasilitas dan sarana penunjang yang tersedia.

Rektor UNM, Prof Husain Syam, merasa bahagia dan bangga dengan pencapaian ini. Ia mengungkapkan bahwa pendirian Prodi Kedokteran merupakan bagian dari upaya UNM untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menyediakan tenaga dokter. Dengan adanya Prodi Kedokteran di UNM Parepare, akses bagi calon tenaga dokter di Sulawesi Selatan bagian utara dan Sulawesi Barat akan semakin dekat.

Prof Husain menyatakan bahwa rencana ini telah dirancang sejak awal untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak di sekitar Ajaptappareng, Bosowa, dan Sulawesi Barat untuk menempuh pendidikan calon dokter.

Sementara itu, Prof Hasnawi Haris selaku penanggung jawab pembukaan Prodi Kedokteran UNM mengungkapkan bahwa rekomendasi Kemenkes merupakan buah dari kerja keras yang telah berlangsung kurang lebih tahun terakhir.

Prof Hasnawi Haris juga menjelaskan bahwa dalam rekomendasi salah satu ketentuan dan peraturan yang telah dipenuhi adalah kerja sama dengan Rumah Sakit Pendidikan sebagai wahana praktik. Dirinya mengemukakan bahwa pertimbangan pemenuhan kebutuhan dokter juga menjadi dasar rekomendasi.

“Setelah melalui kajian kebutuhan dokter di Provinsi Sulsel dan strategi pemenuhannya melalui kerangka Academic Health System (AHS), akhirnya UNM diberi rekomendasi pembukaan prodi ini,” pungkas Guru Besar Ilmu Hukum ini.

Setelah keluarnya rekomendasi Kemenkes, UNM kini sisa menantikan izin operasional dari Kemendikbudrisrek untuk pembukaan prodi ini. “Jadi, terakhir kita menantikan izin operasional. Mudah-mudahan juga bisa keluar dalam waktu yang tidak lama,” pungkasnya. (wis/*)

News Feed