English English Indonesian Indonesian
oleh

Dongkrak Hasil Panen Petani Bone, Gubernur Lanjutkan Program Mandiri Benih

FAJAR, BONE — Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) melakukan panen perdana di Desa Palakka, Kecamatan Kahu, Bone, Kamis, 9 Maret 2023.

Pada panen perdana tersebut, Andalan didampingi oleh kakak kandungnya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Perkebunan (TPHP) Bone, Andi Asman Sulaiman, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Kepala Dinas TPHB Sulsel Imran Jauzi, serta beberapa jajaran Forkopimda Bone.

Sudirman mengatakan, realisasi program mandiri benih Pemprov di Bone masuk kategori yang sukses sebab hasil panenya mengalami peningkatan.

“Itu terbukti dari ubinan yang mencapai 8,4 kilogram. Jika dikonversi senilai 13,4 ton per hektare, sangat meningkat dari tahun lalu yang hanya sekitar 6,97 ton per hektare,” tuturnya.

Sepanjang tahun lalu, Dinas TPHP Bone telah menyalurkan bantuan benih padi gratis kepada petani sebanyak 2.511.350 kg.

Bantuan tersebut ditujukan untuk lahan pertanian seluas 100.454 hektare. Sudirman berkomitmen program prioritas itu dilanjutkan tahun ini.

“Rencananya, tahun ini kita akan salurkan 2,5 ribu ton untuk lahan pertanian seluas 100 ribu hektare se-Sulsel. Mari kita bersinergi menjaga ketahanan pangan melalui program mandiri benih ini,” ucap Sudirman.

Kepala Dinas TPHP Bone, Andi Asman Sulaiman mengakui program mandiri benih ini mampu mendongkrak pendapatan petani.

“Selain mandiri benih, kita juga ada program IP400. Alhamdulillah, berkat sinergi tang baik antara Pemprov Sulsel dan Pemkab Bone, kita mampu mendongkrak pendapatan petani. sehingga secara otomatis hal itu sangat memengaruhi kesejahteraan petani kita khususnya di Bone,” urainya. (sae)

News Feed