English English Indonesian Indonesian
oleh

Fakultas Teknik Universitas Fajar Gelar Pelatihan Teknologi Digital BIM

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Teknik Universitas Fajar bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar mengadakan pelatihan Building Information Modeling (BIM) selama 6 hari penuh, mulai tanggal 06-11 Maret 2023 di Gedung Serbaguna Universitas Fajar, Makassar.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menguasai teknologi digital untuk mendukung pembangunan infrastruktur di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Acara pelatihan dibuka oleh Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Dr. Ir. Yudha Mediawan, M.Dev,Plg secara daring, dan dihadiri oleh Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Siti Nurussiah, serta Dekan Fakultas Teknik Unifa, Prof. Dr. Ir. Erniati, ST. MT. Pelatihan diikuti oleh 50 orang perwakilan mahasiswa/alumni/dosen Universitas Fajar/umum dengan instruktur terlatih.

Dalam sambutannya, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR mengungkapkan bahwa pelatihan BIM sangat penting bagi lulusan Fakultas Teknik yang akan memasuki dunia kerja. Skill dan pengetahuan di bidang BIM diperlukan mengingat tantangan pembangunan infrastruktur yang semakin kompleks. Dalam pelatihan tersebut, software yang digunakan adalah Tekla Structure yang dikembangkan oleh PT. Trimble Indonesia.

Peserta pelatihan diberikan materi berupa pengetahuan dan skill pemodelan bangunan, baik bangunan struktur beton maupun struktur baja, hingga pada level pendetailan struktur. Selain itu, pelatihan juga mencakup pengalaman riil implementasi BIM pada proyek konstruksi yang telah dilaksanakan baik itu bangunan gedung maupun infrastruktur lainnya.

Pada hari terakhir, peserta pelatihan akan diuji dan apabila berhasil memenuhi syarat kompetensi minimal, akan diberikan sertifikat resmi kompetensi di bidang BIM. Pelatihan BIM ini tidak dikenakan biaya dan biaya penyelenggaraan ditanggung oleh BJKW VI Makassar bekerja sama dengan PT Trimble. Diharapkan pelatihan BIM ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya sehingga dapat menyediakan sumber daya manusia yang handal dan siap pakai di bidang BIM.

Fakultas Teknik Unifa merupakan salah satu tempat pelaksanaan Pelatihan BIM yang diikuti 6 Perguruan Tinggi yaitu, Universitas Hasanuddin, Universitas Haluoleo, Universitas Negeri Makassar, STT Baramuli, Universitas Sulawesi Barat, dan Universitas Fajar.

Pelatihan di Unifa diikuti 50 orang dengan instruktur terlatih yang juga merupakan dosen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Fajar yaitu Asri Mulya Setiawan, ST., MT dan Faris Jumawan, ST., MT. (wis/*)

News Feed