English English Indonesian Indonesian
oleh

KPP Pratama Watampone Target Penerimaan Pajak Rp450,8 Miliar

FAJAR, BONE – Kinerja penerimaan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Watampone menunjukkan tren positif. Tahun ini target penerimaan mencapi Rp450,8 miliar.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Watampone, Hadinengrat Nusantoro menuturkan pihaknya terus berupaya agar penerimaan pajak di wilayah kerjanya yang meliputi Bone, Soppeng, dan Wajo terus menunjukkan peningkatan yang positif.

Kata dia hingga saat ini ada 290 ribu lebih Wajib Pajak (WP) yang terdaftar di KPP Watampone. Dan untuk tahun ini penerimaan menunjukkan tren yang positif mencapai Rp444,2 milar.

“Capaian kita tumbuh 127,3 persen dari tahun sebelumnya dan penerimaan tertinggi pada Juli karena berasal dari program pengungkapan pajak sukarela yang nominalnya mencapai Rp20 miliar,” paparnya.

Lebih lanjut ia memaparkan 60 persen dari penerimaan pajak berasal dari sektor belanja pemerintah baik dari APBD maupun APBN. 40 persennya itu berasal dari sektor perdangangan, jasa keuangan, konstruksi, dan industri.

“Tahun ini kita ditargetkan penerimaan pajak mencapai Rp450,8 miliar,” katanya.

Kata dia, untuk tahun ini Kabupaten Bone menyumbangkan pajak sebesar Rp218 miliar dimana capaian tersebut tumbuh 32,40 persen. “Pajak tulang punggung penerimaan negara kita. 84 persen penerimaan negara berasal dari sektor pajak dan angka ini meningkat setiap tahunnya,” paparnya.

Ia juga mengatakan sebagai strategi untuk menjaga semangat WP dalam membayar pajak, pihaknya senantiasa memberikan apresiasi kepada WP yang memiliki kontribusi terbesar di KPP Pratama Watampone.

“Kita berikan apresiasi atas kontribusi pajak yang dibayarkan. Dimana 50 WP yang kami berikan apresiasi itu menyumbangkan 15 persen dari penerimaan kita tahun lalu, dimana nominalnya mencapai Rp68 miliar,” terangnya.

Tahun ini pihaknya juga mengupayakan pengoptimalan program pemadanan NIK-NPWP. Sebab ini merupakan program nasional satu data, dimana NIK menjadi satu-satunya identitas msyarakat.

“Tahun 2024 juga kita akan memiliki sistem yang berfungi untuk mendapatkan data yang terintegrasi dari berbagai sistem,” tuturnya.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle menuturkan pajak sangat berkontribusi untuk pembangunan di. Dan memang PAD terbesar itu berasal dari pajak.

“Kontribusi pembayaran terbesar kita itu berasal dari APBD. Kita targetkan peningkatan pembayaran pajak mencapai 60 persen,” ucapnya.

“Mari kita jaga kepercayaan masyarakat agar animonya untuk membayar pajak terus terjaga sehingga capaian pembayaran pajak kita bisa terus meningkat disegala sektor,” lanjutnya. (sae/*)

News Feed