English English Indonesian Indonesian
oleh

Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi, Petahana Belum Tergeser

FAJAR, MAKASSAR-Tim Seleksi (Timsel) KPU Sulsel mengumumkan 70 peserta calon komisioner lolos verifikasi administrasi. Dari daftar tersebut, empat petahana komisioner KPU Sulsel lolos ke tahap selanjutnya.

Mereka yaitu, Uslimin, Upi Hastati, Fatmawati, dan Asram Jaya. Dua komisiner Bawaslu Sulsel dua priode Laode Arumahi dan Azry Yusuf juga lolos. Ada juga dua komisioner KPU Makassar yang ingin naik kelas yakni Romy Harminto dan Muhammad Gunawan Mashar juga lolos.

Peserta selanjutnya akan mengikuti tes tertulis dan psikotes. “Selanjutnya kita akan seleksi tertulis akan dilaksanakan di laboratorium Psikologi UNM pada 6 Maret,” ujar Ketua Timsel calon komisioner KPU Sulsel Nur Fadhilah Mappaselleng, Kamis, 2 Maret.

Pelaksanaan tes tertulis dipastikan ketat. Server dan soal akan dibawa langsung oleh pihak KPU RI. “Kita cuma lihat aplikasi yang datang lebih awal,” katanya.

Hasil tes tertulis nantinya tak diumumkan secara terbuka. Hasilnya akan diakumulasi dengan hasil psikotes. “Langsung pengumuman nama 28 orang yang lulus,” katanya.

Dari 28 orang itu akan ikut tes kesehatan dan wawancara. Selanjutnya akan dikirim 14 nama ke KPU RI. Tujuh orang akan dinyatakan sebagai komisioner dan tujuh lainnya cadangan. Dosen Universitas Muslim Indonesia Makassar itu, 70 peserta yang lulus masih didominasi penyelenggara pemilu. Selebihnya ada advokat, dosen, jurnalis dan profesi lainnya.

Anggota Timsel KPU Sulsel, Abdul Rasyid Masri mengatakan 70 peserta lolos itu merupakan hasil rapat pleno yang digelar Rabu malam, 1 Maret. “Penentuan tujuh komisioner terpilih ditentukan KPU RI,” jelasnya.

Sulbar Dipenuhi Wajah Lama

Di Sulbar, sebanyak 59 dari 150-an pendaftar calon anggota KPU Sulbar dinyatakan lolos. Banyak nama-nama lama. Di antaranya, petahana Komisioner KPU Sulbar yaitu, Farhanuddin, Rustang, dan Said Usman Umar. Adapun Komisioner KPU Kabupaten juga terdapat beberapa nama, seperti Hamdan Dangkang (Mamuju) dan Sumarlin (KPU Mamasa).

Tak ketinggalan mantan anggota Bawaslu Sulbar dan Bawaslu Kabupaten. Ada nama Sulfan Sulo (Eks Ketua Bawaslu Sulbar) dan Supriadi Narno (eks Anggota Bawaslu Sulbar). Untuk anggota Bawaslu Kabupaten yang masih aktif, seperti, Elmansyah (Mamuju Tengah), Faisal Jumalang (Mamuju), dan Siti Mustikawati (Mamuju).

Ketua Timsel Anggota KPU Sulbar periode 2023-2028, Amiruddin Pabbu menyebut, 150 orang yang mengikuti tahapan pendaftaran. Namun setelah divalidasi tersisa 62 orang yang sempat mengumpulkan berkas fisik. Setelah diverifikasi lagi diloloskan 59 orang. “Tiga yang lain ini, ada yang belum memenuhi batas usia dan ada juga masalah ijazah,” ungkapnya.

Proses seleksi dilanjutkan tes tertulis atau CAT, Senin, 6 Maret dengan menggunakan salah satu gedung di SMA Negeri 1 Mamuju. “Kami imbau kepada para Bacalon untuk persiapkan diri menghadapi tes CAT nanti,” beber Dekan Fakultas Hukum UIT Makassar ini. (rul-wir/ham)

News Feed