English English Indonesian Indonesian
oleh

Jelang Ramadan, Kadin Atensi Ketersediaan Ruang Bagi Pelaku UMKM

FAJAR, MAKASSAR — UMKM kini terus digenjot. Apalagi mejelang Ramadan, sektor ini akan sangat enggeliat.

Ketua Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menuturkan, saat ini pertumbuhan ekonomi berbagai sektor terus dipercepat utamanya sektor UMKM.

“Namun masih ada beberapa hal yang dapat menghambat hal tersebut. Seperti kurangnya ruang yang tersedia bagi pelaku UMKM di toko-toko modern,” tuturnya, Jumat, 3 Maret 2023.

Dewan Kehormatan BPP Hipmi ini menambahkan, hal itu justru harus menjadi atensi agar pelaku UMKM bisa mendapatkan ruang untuk menjual.

“Jadi kita meminta pelaku UMKM ini diberikan ruang. Agar perputaran ekonomi mereka bisa berjalan. Apalagi jelang Ramadan, pasti akan sangat ramai. Dan pastinya jangan bebankan mereka biaya sewa yang berlebihan,” sebutnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini memaparkan, seharusnya perusahaan menganggarkan CSR dari ritel tersebut menjadi sewa lapak UMKM agar tidak usah terlalu mahal.

“Karena inikan juga ada simbiosis mutualismenya yang ditimbulkan toh. Jadi kalau bisa, setengah saja dari biaya sewa biasanya,” katanya.

Ketua Gerindra Sulsel ini pun menekankan, pihaknya berharap ada kebijakan yang diberikan untuk para pelaku UMKM yang berjualan di sekitar tempat tersebut, agar mereka tidak terlalu terbebani.

“Kasihan pelaku UMKM kita. Baru sementara merangkak untuk kembali menggeliatkan usahanya, ada lagi hal seperti itu yang justru menjadi penghambatnya. Tolonglah pihak terkait memberikan kebijakan, biar kita bisa sama-sama untung,” pungkasnya. (sae)

News Feed