English English Indonesian Indonesian
oleh

Unifa Gandeng LSP Gatensi Karya Konstruksi, Buka Peluang Pusat Pelaksanaan SKK

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Fajar Makassar (Unifa) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Gatensi Karya Konstruksi (GKK) untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja (SKK). Acara penandatanganan MoU berlangsung di ruang rapat Rektorat Unifa di Jalan Profesor Basalamah, Makassar, pada Kamis (2/3/2023).

LSP GKK merupakan lembaga sertifikasi yang dibentuk oleh gabungan ahli teknik nasional Indonesia (Gatensi) pada 7 Januari 2021. Tujuan dari pembentukan LSP ini adalah untuk pembinaan dan pengembangan tenaga ahli yang kompeten, profesional, dan berintegritas dalam bidang konstruksi sebagai pemegang sertifikat profesi.

Rektor Unifa, Muliyadi Hamid, menganggap kesepakatan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja akan membuka peluang bagi Unifa untuk menjadi pusat pelaksanaan SKK. “Ke depan, ujian kompetensi akan dilaksanakan di Unifa dan tempat pelaksanaan uji kompetensi standar (STD),” ujar Rektor.

Selain itu, Rektor menambahkan bahwa LSP GKK melayani permohonan SKK dengan 16 sub-klasifikasi dan 59 jabatan kerja dalam bidang sipil yang sangat sesuai dengan program Sekolah Teknik Desa yang dimiliki oleh Unifa.

Kedepannya, mahasiswa dan masyarakat yang mengikuti program Sekolah Teknik Desa setelah mendapatkan pelatihan dari instruktur akan diberikan uji kompetensi oleh LSP Gatensi. Sertifikat yang diperoleh akan berguna bagi perangkat desa, baik sebagai perencana, pelaksana, maupun pengawas untuk menangani proyek-proyek infrastruktur desa.

Deputi Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Ismail Marzuki, menambahkan bahwa sertifikasi ini penting untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga ahli dalam bidang konstruksi.

Ketua LSP GKK, Radinal Effendi, menyambut baik kerjasama dengan Unifa dalam pelaksanaan SKK ke depan dan menganggap ini sebagai langkah maju dalam berkolaborasi dengan kampus. (wis/*)

News Feed