English English Indonesian Indonesian
oleh

Kadin Sulsel Atensi Kestabilan Harga Pangan Jelang Ramadan

FAJAR, MAKASSAR — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel mengatensi kestabilan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan. Biasanya, harga kebutuhan bergejolak saat jelang momentum tertentu.

Ketua Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, tidak dipungkiri jelang Ramadan permintaan kebutuhan pokok pasti akan meningkat.

“Masyarakat pasti akan ramai-ramai belanja untuk persiapan masuk bulan tersebut (Ramadan),” ujarnya, Minggu, 26 Februari 2023.

Dewan Kehormatan Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi ini menambahkan, yang paling perlu diantisipasi adalah kestabilan harga. Selain itu juga mesti dipastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok tersebut.

“Jadi ada beberapa kebutuhan pokok yang biasa mengalami kenaikan jelang Ramadan. Seperti bawang merah, bawang putih, telur, lombok, dan beras. Itu semua harus di pantau dengan seksama perkembangannya,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini menyebut, Sulsel dikenal sebagai lumbung pangan. Ketersediaan beras seharusnya bisa dipastikan aman untuk Sulsel.

“Bahkan jadi penyuplai beras nasional. Makanya kita aman untuk itu. Kita juga bisa menjadi penyangga pangan untuk daerah lain. Tetapi mesti diperhatikan ketersediaannya,” bebernya.

Ketua Gerindra Sulsel ini memaparkan, ketersediaan stok sangat berpengaruh terhadap kestabilan harga termasuk mekanisme pasar juga mesti diawasi.

“Kalau stok aman, harga pasti terjangkau. Yang perlu kita awasi ini jangan sampai ada oknum yang melakukan penimbunan stok. Dan sengaja supaya harga naik, baru setelah itu stok tersebut baru diedarkan. Itu mesti menjadi perhatian khusus,” pungkasnya. (sae)

News Feed