English English Indonesian Indonesian
oleh

Palopo Ramah Investasi, Gelaran Property and Auto Expo REI Target Transaksi Rp100 Miliar

FAJAR, MAKASSAR-Gelaran Property and Auto Expo 2023 yang diselenggarakan oleh DPD Real Estat Indonesia (REI) Sulsel bekerja sama dengan BRI telah dimulai di City Market sejak Jumat, 24 Februari 2023. Gelaran ini hingga 26 Februari.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta menggeliatkan sektor properti, otomotif, dan UMKM di Luwu Raya, termasuk Kota Palopo.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, hadir untuk membuka secara resmi acara tersebut dengan pemukulan gong yang disaksikan oleh Ketua DPD REI Sulsel, Muh Sadiq, Regional CEO BRI Makassar, Kapolres Palopo AKBP Safi’i Nafsikin, Dandim Palopo Letkol Inf Apriadi Nidjo, Ketua REI Komisariat Luwu Raya Abdullah Amin, dan sejumlah mitra REI.

Wali Kota Palopo yang hadir dalam kesempatan tersebut juga menyatakan kebanggaannya bahwa Kota Palopo dipilih sebagai tuan rumah acara besar REI Sulsel dan BRI ini, yang menunjukkan bahwa Kota Palopo ramah terhadap investasi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada REI Sulsel yang memilih Kota Palopo sebagai tempat pelaksanaan kegiatan,” ujar Judas. Menurutnya, daerah memang harus ramah terhadap investasi karena itu sangat penting.

“Bukti bahwa Kota Palopo ramah terhadap investasi untuk pengembang adalah dengan hadirnya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Palopo yang memudahkan pengembang dalam melakukan pembangunan. RTRW Kota Palopo telah disahkan pada tahun lalu melalui Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 tentang RTRW Kota Palopo tahun 2022,” tambahnya.

Sementara itu Ketua DPD REI Sulsel M Sadiq saat sambutan menyampaikan bahwa kegiatan yang diinisiasi REI Sulsel bersama BRI di Kota Palopo bukan tanpa alasan.

“Kota Palopo dan Luwu Raya ini terbesar ketiga di Sulsel yang jumlah penyaluran kreditnya sangat besar, Rp5,71 Triliun total kredit yang dikucurkan oleh perbankan disini,” ungkap M Sadiq.

Dengan menggeliatnya ekonomi masyarakat, kata dia, tentu peluang sektor properti bisa lebih menggeliat karena dukungan perbankan yang cukup besar. Untuk itu digelarlah kegiatan Property and Auto Expo 2023.

“Dukungan perbankan ini cukup besar, apalagi BRI yang jangkauannya luas sampai ke desa,” jelasnya.

Masyarakat yang belum punya rumah pun akan membeli rumah, yang sudah punya rumah akan membeli rumah komersil. Dan di kegiatan ini sangat lengkap mulai dari rumah subsidi, komersil, sampai apartemen itu ada ditawarkan di City Market.

“Kemudian alasan lainnya adalah soal investasi di Kota Palopo dan di Luwu Raya ini,” ungkap M Sadiq.

Ia juga menyebutkan, Kota Palopo sangat ramah terhadap investasi. Itu juga yang membuat daerah ini semkain maju dan terlihat cantik.

Regional Consumer Banking Head BRI RO Makassar, Andra Ruyus Mani yang hadir di kesempatan ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan yang digelar ini akan menjadi Barometer BRI untuk kegiatan yang lebih besar lagi.

“Kegiatan REI di Kota Palopo ini menjadi barometer BRI Palopo untuk kita bikin yang lebih besar lagi kedepan di Kota ini, karna itu kalau bisa transaksi selama tiga hari bisa lebih besar, sampai Rp100 Miliar,” tantang perwakilan BRI tersebut.

Diketahui gelaran Property yang digelar selama tiga hari di City Market ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana yang juga merupakan Sekretaris REI Luwu Raya, Sutrisno Try Putra diikuti oleh pengembang Multi Nasional hingga pengembang berskala lokal Luw Raya. Ada PT. Arif Abdullah Perdana, PT. Prima Darma, PT balqis podomoro,PT Pauzeri Linggau Properti, PT. Mallaniung Anugrah Jaya, PT. Alfa Propertindo Sejahtera, PT. Sinar Taufiq Pratama, PT Solusi Hidup Mandiri, PT. Adikara Atyasa Properti.

Kemudian, PT. Autorindo Adhibrata Resorces , PT. Wahana Multi Niaga, PT. Graha Sahabat Sukses Sejati, PT. Algi Aizyah Jaya, PT. Fatiha Permata Propertindo, PT. Hidayat bingtang property hingga pengembang dari luar Palopo seperti, Zarindah, Summarecon Mutiara, Mutiara property,FKS Land ,Tanjung Bunga, Apartement, Age sarana mandiri, IMB Property, dan sejumlah pengembang lainnya.

“Gelaran yang bertajuk Property And Auto Expo 2023 ini digelar dengan menghadirkan 3 produk, Property, Automotif dan UMKM, kenapa UMKM juga kita hadirkan itu sebagai wujud kepedulian REI terhadap pelaku ekonomi, jika usaha mereka bertumbuh tentu memberikan dampak terhadap daya beli yg akan memberi efek terhadap geliat property dan Automotif,” ungkapnya.

Ia berharap kehadiran kegiatan ini menjadi magnet yang lebih besar karena sejumlah promo paling menarik hadir di sini, seperti diskon harga rumah hingga Rp50 juta, subsidi biaya akad oleh pengembang, DP nol persen, dan sebagainya.

Selain itu, sejumlah hiburan juga hadir untuk menghibur masyarakat. Tak kalah menariknya, setiap konsumen yang membeli produk properti selama pameran akan mendapatkan nomor undian yang akan diundi untuk mendapatkan beragam hadiah door prize.

Selain seremoni pembukaan, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara pengembang REI dengan BRI dalam hal kredit perumahan kepada masyarakat. (*)

News Feed