English English Indonesian Indonesian
oleh

Komisi V DPR RI Komitmen Kawal Anggaran Pelabuhan Munte Lutra

FAJAR, LUWU — Komisi V DPR RI berkomitmen mengawal anggaran APBN untuk pembangunan Pelabuhan Munte Kecamatan Tanalili, Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Rombongan Komisi V DPR RI baru saja mengunjungi Lutra, Jumat, 17 Februari 2023. Rombongan dipimpin Wakil Ketua Komisi V yang juga tokoh Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras. Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan, Komisi V sebagai mitra kerja Kemenhub RI secara tegas menyampaikan ke Dirjen Perhubungan Laut terkait pembangunan pelabuhan tersebut.

“Kita meminta untuk segera persiapkan syarat administrasi pengembangan Pelabuhan Munte ini,” kata Andi Iwan, Senin, 20 Februari 2023.

Ketua Kadin Sulsel itu menambahkan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan Pelabuhan Munte itu. Termasuk mengawal review desain, RIP, dan peningkatan pelabuhan.

“Itu semua harus dipersiapkan dan sekarang ini on progres. Kita harapkan dapat dilaksanakan tahun anggaran 2023 ini, dan masuk fisik pembangunannya pada 2024,” papar Ketua Partai Gerindra Sulsel itu.

Tak hanya itu. Andi Iwan juga menyebut soal penambahan pelabuhan pihaknya masih menunggu hasil review desain. Itulah nantinya didapatkan hasil teknis yang menjelaskan berapa dibutuhkan kedalaman laut tujuh meter. Untuk menjawab berapa panjang dermaga dibutuhkan.

“Itu semua akan dimuat dalam review desain. Ini yang akan kita programkan supaya di tahun ini. Agar dapat dilaksanakan, setelah itu kita masuk pembangunan fisiknya. Kita akan lihat nanti perpanjangan dermaganya,” terangnya.

Untuk diketahui, turut serta sejumlah anggota Komisi V DPR RI asal Sulsel seperti Hamka B Kady dan Muh Fauzi. (sae)

News Feed