English English Indonesian Indonesian
oleh

Appi Tak Ingin Sesumbar Bahas Pilwalkot, Pilih Fokus Selesaikan Pileg

FAJAR, MAKASSAR-Ketua DPD II Golkar Makassar, Munafri Arifuddin alias Appi tak ingin sesumbar walapun dinyatakan unggul dalam survei Pemilihan Wali Kota Makassar (Pilwalkot) 2024. Appi tegaskan akan fokus dahulu di pemilihan legislatif (Pileg).

Hal ini merespons hasil survei PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) yang tetap mengungguli figur-figur yang sudah bertarung di Pilwalkot 2020. Figur tersebut Appi (24,1 persen), Irman Yasin Limpo (16,2 persen), Syamsul Rizal (13 persen), Fatmawati Rusdi (13 persen).

Ada juga nama Andi Rachmatika Dewi (7,9 persen), Rudianto Lallo (4,6 persen), Rusdin Abdullah (2,8 persen), Abdul Rahman Bando (2,3 persen), dan Andi Bukti Djufri 1,4 persen. Kemudian Fadli Ananda (0,9 persen), Prof Yusran Jusuf (0,9 persen), Hamzah Ahmad (0,5 persen), dan Yasir Mahmud 0,5 Persen.

Terkait ini, Appi mengatakan berterima kasih atas kepercayaan dari masyarakat. “Tapi yang paling penting bagi saya selaku Ketua Golkar kita fokus dulu pemilihan legislatif. Karena dari situlah menjadi dasar kita untuk menatap pilwakot 2024 mendatang,” ujarnya.

Artinya kata dia, kerja-kerja bersama akan dilaksanakan dengan seluruh fungsionaris Golkar yang akan bertarung legislatif. Pilwakot memang kata dia sudah mulai dikerja, tetapi yang difokuskan bagaimana posisi Partai Golkar pada legislatif bisa naik.

“Karena ini sangat menentukan siapa yang akan menjadi bakal calon wakil wali kota jika Golkar tidak cukup untuk mengusung kekuatan partai tersendiri,” jelansya.

Sehingga itulah kata dia, sangat penting untuk dikonsolidasikan “Kita belajar masa lalu, bagaimana Golkar dari 8 kursi menjadi 5 kursi. Ini kami tidak mau terulang kesalahan itu dan kami akan menaikkan kembali dan Golkar bisa menaikkan kursi,” tekannya.

Appi yang telah mengakhiri konsolidasi pimpinan kecamatan (Pincam) di Kecamatan Bontoala. Selanjutnya, ia akan kembali turun dibeberapa kelurahan di semua kecamatan. “Kami akan memilih beberapa kelurahan dan akan kami laksanakan secara berkala,” beber Appi kepada FAJAR, Minggu, 19 Februari.

Dia menjelaskan, tujuannya turun ke kecamatan dan kelurahan untuk menekankan dan memberikan informasi jika ada asistensi Golkar disetiap kelurahan. “Jadi informasi Golkar bisa dapat di sekertariat Golkar setiap kelurahan. Kami tidak ingin informasi simpang siur turun ke masyakarat. Kalau informasi turun dari sekertariat berarti itu valid,” jelas mantan CEO PSM itu.

Direktur Eksekutif PT IPI, Suwadi Idris Amir pilwalkot makassar 2024 akan berjalan ketat, karena elektoral figur-figur tidak selisih terlalu jauh. Artinya mereka masih sangat mungkin saling menyalip elektabilitas menuju 2024. Survei PT IPI Dilaksanakan dari 4 sampai 12 Februari 2023, dengan sampel responden 440 sampel. Menggunakan metodelogi multistage random sampling acak berjenjang dengan tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error 4,8 persen.(mum/*)

News Feed