English English Indonesian Indonesian
oleh

PSM Semakin Kokoh di Puncak, Jalur Juara Harus Dijaga

FAJAR, MAKASSAR-Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) memiliki peluang besar untuk meraih gelar juara Liga 1 musim ini. Pasukan Ramang semakin kokoh di puncak klasemen setelah pesaing terdekatnya, Persija Jakarta, ditaklukkan oleh Bhayangkara FC dengan skor 1-2 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang pada Kamis, 16 Februari 2023.

Dengan kemenangan tersebut, PSM berhasil mengumpulkan 50 poin dari 24 laga, terdiri dari 14 kali kemenangan, 8 kali seri, dan 2 kali kalah. Namun, untuk memenangkan Liga musim ini, PSM harus menyapu bersih seluruh pertandingan yang tersisa. Jika tidak, PSM berisiko tersalip oleh Persija Jakarta dan Persib Bandung yang saat ini berada di peringkat kedua dan ketiga klasemen dengan torehan masing-masing 47 dan 46 poin.

Persija Jakarta yang juga masih memiliki 10 laga tersisa berada di urutan kedua klasemen, dengan 14 kali kemenangan, 5 kali seri, dan 5 kali kalah. Sedangkan Persib Bandung, yang telah memainkan 23 laga, berada di urutan ketiga klasemen dengan 14 kali kemenangan, 4 kali seri, dan 5 kali kalah.

Menurut pengamat sepakbola, Assegaf Razak, peluang PSM untuk menjadi juara Liga 1 sangat terbuka lebar. Namun, untuk mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen, PSM harus tetap konsisten dengan gaya bermain mereka dan menghindari rasa percaya diri berlebihan.

Assegaf menambahkan bahwa persaingan di papan atas klasemen saat ini sangat ketat, sehingga mental tim harus ditingkatkan dan pemain-pemain harus dipulihkan dengan baik. Pelatih juga harus mampu melakukan rotasi pemain dengan tepat agar tim tetap bugar dan siap menghadapi sisa pertandingan yang ada.

“Mental kita juga harus di tingkatkan karena persaingan juara ini sangat ketat, karena kapan kita kehilangan poin kita bisa tersalib lagi. Ini harus dijaga bagaimana konsistensi tim, bagaimana pemain-pemain recoverynya, serta rotasinya. Saya rasa pelatih sudah tahu,” jelasnya.

PSM akan kembali menjamu tim lawan Persik Kediri, Minggu, 19 Februari 2023 pukul 16.00 Wita di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. (fajar.co.id/)

News Feed