English English Indonesian Indonesian
oleh

Pendaftaran Bawaslu Sulsel Mau Ditutup, Timsel Buka Hingga Malam

FAJAR, MAKASSAR-Sehari menjelang penutupan pendaftaran dan pengembalian berkas calon Komisioner Bawaslu Sulsel 2023-2028, jumlah pendaftar yang dinyatakan telah mengembalikan berkas sudah mencapai 79 pelamar. Salah seorang Timsel Bawaslu, Syarifah Raehana, mengatakan pendaftar tersebut mengantarkan langsung berkas dan formulirnya ke sekretariat Timsel Bawaslu di ruko New Zamrud Jln AP Pettarani, Makassar.

Sementara itu, sesuai tahapan Pengambilan Formulir dan Pendaftaran Bawaslu Provinsi Sulsel, Timsel Bawaslu Sulawesi Selatan akan menutup pendaftaran pada Senin (20/2). Rencananya, Timsel memberikan kesempatan kepada calon pelamar untuk mengantarkan berkasnya hingga pukul 24.00 Wita pada saat penutupan pendaftaran pada hari Senin (20/2/2023).

“Kami berharap calon pelamar dapat memanfaatkan waktu tersebut sebab staf akan standby di sekretariat untuk menerima calon pendaftar hingga pukul 24.00 Wita,” tandas Syarifah melalui rilisnya Sabtu (19/2). Termasuk kata Syarifah, calon pendaftar yang telah mengambil formulir baik melalui link Bawaslu maupun mengambil langsung melalui sekretariat Timsel.

Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini menambahkan bahwa setelah pendaftaran ditutup, maka Timsel akan membuka waktu selama tiga hari untuk perbaikan berkas. Sehingga bagi pendaftar yang telah menyerahkan berkas namun masih ada kelengkapan yang belum dipenuhi, maka diberi kesempatan mulai Selasa-Kamis (20-22/2/2023) untuk melengkapi berkas.
Termasuk akan memberikan kesempatan khusus kepada perempuan untuk mendaftar jika nantinya pada saat penutupan, kuota perempuan belum mencapai 30 persen. Pihak staf Timsel juga telah menyampaikan sebelumnya kepada pendaftar mengenai berkas mereka yang kurang.

Setiap calon pendaftar yang membawa berkasnya lebih dulu berkas lampirannya diperiksa oleh staf Timsel Bawaslu, apakah sudah sesuai dengan lampiran yang dibutuhkan. Jika ada yang kurang, maka saat itu pula staf menyampaikan kepada pendaftar. “Ini sudah sesuai dengan tahapan dan petunjuk teknis dari Bawaslu RI,” imbuh Syarifah.

Tahapan selanjutnya, maka pihak Timsel akan melakukan verifikasi berkas yang telah diantar langsung oleh pendaftar, baik yang datang langsung ke sekretariat maupun melalui email. Mengenai siapa saja yang telah mengajukan berkas pendaftarannya, Syarifah masih enggan menyampaikan kepada media.

Menurutnya, data tabulasi mereka masih disimpan rapi oleh staf sekretariat. “Pada saatnya nanti akan diumumkan kepada publik siapa saja yang lolos berkas dan administrasi sesuatu tahapan dan petunjuk teknis dari Bawaslu RI,” ujarnya. (mum/*)

News Feed