English English Indonesian Indonesian
oleh

Makanan Siap Saji dan Logistik Dibagikan ke Korban Banjir Makassar

FAJAR, MAKASSAR-Dinas Sosial Kota Makassar juga telah mendistribusikan bantuan makanan siap saji untuk pengungsi. Sejauh ini distribusi baru diberikan di dua kecamatan, kecamatan lainnya yang terdampak saat ini masih terus disalurkan.

Di antaranya Kecamatan Biringkanayya sebanyak 100 paket makanan siap saji, 40 makanan bayi. Kemudian Kecamatan Ujungpandang sebanyak 50 paket makanan siap saji, dan 30 paket makanan bayi. “Jadi kita serahkan makanan siap saji, untuk keadaan sekarang itu yang paling cepat,” katan Plt Kadinsos Makassar, Armin Paera.

Dia mengatakan distribusi dan mobilitas cukup terganggu dengan masifnya banjir yang melanda 12 Kecamatan di Makassar. Selain makanan siap saji, pihaknya juga menyiapkan sejumlah logistik seperti popok selimut, hingga kerjasama dengan Dinkes untuk menyalurkan obat-obatan. “Ada popok, selimut bubur juga itu kita distribusikan,” imbuhnya.

Dia mengatakan dapur umum rencana baru akan digerakkan pada Selasa besok, ini masih melihat kondisi di lapangan. “Kita lihat kondisinya, kalau memang hujan masih terjadi dan banyak pengungsi kita turunkan,” jelasnya.

Sejauh ini dapur umum kebanyakan digelar mandiri oleh masyarakat, drop distribusi bantuan itu juga masuk kedalam dapur umum tersebut. “Banyak buka, jadi kita drop natural, beras, Indomie, air, ada beberapa yang biat,” jelasnya.

Sementara Dinas kesehatan Makassar melaporkan sejumlah keluhan para pengungsi yang masuk ke pihaknya. Sebagian besar ada yang mengalami gatal-gatal, flu hingga stroke. “Jadi ada keluhan di Suma titik (pengungsian),” imbuh Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Nursaidah Sirajuddin.

Kemudian tim medis beserta obat-obatan juga diterjunkan ke beberapa titik pengungsian yang membutuhkan. Hanya saja dirinya belum bisa sesumbar terkait rekapitulasi angka masyarakat yang mengeluh sakit. “Sementara direkap,” katanya. (an/*)

News Feed